Katalog Belanja

Akhir Tahun saat Tepat Belanja Hemat

Jum'at, 30 December 2016 04:41 WIB Penulis: Iqbal Musyaffa

DOK. SENAYAN CITY

BAGI Anda yang gemar berbelanja barang-barang bermerek dengan harga mahal, akhir tahun menjadi saat yang tepat untuk bisa membeli barang-barang tersebut dengan harga miring.

Desember memang bisa disebut sebagai waktunya berbelanja dengan banyaknya momen-momen hiburan di pusat perbelanjaan dengan berbagai diskon yang ditawarkan.

Diskon akhir tahun di pusat perbelanjaan memang sangat memanjakan pengunjung mal karena bisa mencapai hingga 80%.

Menurut Ketua Umum DPP Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia Stefanus Ridwan ketika dihubungi, Kamis (29/12), diskon yang bertebaran di akhir tahun terjadi hampir di seluruh belahan dunia, bukan hanya di Indonesia.

"Di negara tujuan belanja seperti Singapura dan Hong Kong, diskon akhir tahun sudah biasa terjadi."

Bahkan, beberapa mal menyelenggarakan acara midnight sale dengan diskon besar.

Namun, Stefanus menambahkan, pembeli tidak perlu hanya berharap pada midnight sale untuk mendapatkan harga miring.

"Harga barang-barang di pusat perbelanjaan di seluruh dunia pada 25 Desember ke atas harganya langsung drop. Kemudian, 3-4 hari sesudahnya harga semakin drop. Jadi, barang yang sebelumnya diskon 30% bisa jadi 50% dan bahkan 70% pada 28 dan 29 Desember," papar Stefanus.

Banting harga tersebut disebabkan tenant-tenant ingin menghabiskan stok barang yang ada dan mengganti koleksi barang dagangan mereka dengan produk-produk terbaru.

"Biasanya nanti di Januari, barang-barang new arrival datang, jadi stok lama sudah habis. Tapi, ada juga barang new arrival yang dijajakan bersama barang diskon tapi tentunya dengan harga normal," tambahnya.

Pada akhir pekan ini menjelang pergantian tahun, beberapa pusat perbelanjaan masih memiliki event midnight sale, antara lain di PIK Avenue dan Summarecon Mall Bekasi, pada 31 Desember.

Cerdas berbelanja

Pesta diskon jelang tengah malam kini jadi salah satu perayaan gaya hidup kaum urban.

Bayangkan, sepatu Staccato dengan detail tali yang tak biasa untuk sepatu hak tinggi, sepatu Camper bergaya kasual dengan sol tinggi dan ritsleting di atasnya, serta tas dan dompet Samsonite terkini, semuanya didiskon hingga 80%. Bahkan, ada promo beli satu gratis satu.

"Jarang-jarang dapat kesempatan beli barang bagus dengan harga miring. Makanya, setiap ada midnight sale, saya selalu datang," ujar Reni Susanti, 24, ketika ditemui di Mal Senayan City pada 18 Desember lalu,

Saat itu Senayan City (Sency) tengah menggelar Midnight Shopping Holy Festive Season pada 16 hingga 18 Desember, tiga hari berturut-turut, mulai pukul 20.00 hingga 24.00 WIB.

Sebanyak 250 tenant berpartisipasi dalam kegiatan rutin yang dilakukan mal di kawasan Jakarta Selatan itu.

Peristiwa istimewa buat para penyuka gaya hidup dan fesyen itu menjadi bagian dari rangkaian acara yang digelar mal-mal premium lainnya di Jakarta.

"Mal memang sudah bagian dari hidup kita untuk mencari hiburan, untuk

belanja, ketemuan, dan entertainment. Saya karena kenal dengan beberapa staf butik di mal, juga suka dapat informasi tentang midnight sale ini dari mereka. Jika memang sedang cari barang itu, ya saya sempatkan juga belanja," ujar Amelia Masniari, sang pakar belanja yang mengawali kariernya di dunia shopping sebagai personal buyer itu.

Menurut perempuan yang akrab disapa Miss Jinjing itu, dalam berburu pesta diskon itu, Anda disarankan harus cerdas.

Artinya, benar-benar memilih barang yang sepenuhnya sudah didiskon.

"Idealnya, ketika label diskon sudah disematkan di tag harga, maka ya seharusnya memang diskon beneran, seperti yang lazim terjadi di luar negeri. Ya, jika memang ada midnight sale, bolehlah berburu barang-barang yang diinginkan dengan harga yang sudah didiskon," pungkasnya.

(Zat/S-1)

Komentar