Teknopolis

Natal Makin Meriah

Sabtu, 24 December 2016 00:00 WIB Penulis: Hera Khaerani

LAYSTORE

SUDAHKAH Anda siap menyambut perayaan Natal esok? Tidak hanya hidangan spesial Natal dan dekorasi di rumah, ada banyak cara membuat perayaan itu semakin meriah.

Maksimalkan fungsi ponsel pintar Anda. Temukan aplikasi-aplikasi yang membuat hari raya dan liburan ini makin seru. Berikut ini beberapa aplikasi terkait dengan Natal pilihan Media Indonesia.

Wallpaper Bertema Natal

Angka 1 yang dibentuk taburan bintang berkemilau kemerahan tampak di layar ponsel. Itulah sisa hari menuju perayaan Natal. Di bawahnya, ada hitung mundur hingga satuan jam, menit, dan detik. Sesekali, layar pun itu berganti dengan wallpaper berbentuk pohon Natal nan elegan.

Tidak seperti gambar pohon Natal yang biasa, pohon Natal di ponsel saya dibentuk taburan bintang berkilau merah dan keemasan juga. Gambarnya tampak tiga dimensi. Sudut pandang­nya berubah-ubah, dari kejauhan, dari dekat, bahkan bisa masuk ke bagian bawah pohon. Pengguna juga bisa menggeser posisi tampilan di layar. Betul-betul wallpaper yang menarik dan interaktif.

Aplikasi yang saya gunakan ialah Christmas Live Wallpaper yang dikembangkan Jetblack Software. Meski tinggal sehari, tak ada salahnya memasang wallpaper ini untuk membangkitkan suasana. Tak hanya tersedia gratis di Play Store, ada juga versi lengkapnya dengan fitur-fitur menarik lainnya. Mulai fitur hitung mundur untuk momen-momen lain, 3D pemandangan salju, kembang api 3D, dan masih banyak lagi. Versi penuh ini berharga Rp20 ribu.

Doa-doa Natal

Ada banyak pilihan doa yang bisa dipanjatkan di masa Natal. Namun, bila harus membawa kumpulan doa, rasanya tidak terlalu praktis. Bagaimana kalau menyimpan dalam ponsel pintar saja?

Aplikasi Christmas Prayers yang dikembangkan Glover Sacenri bisa jadi pilihan. Ada banyak koleksi doa-doa bertema natal di dalamnya. Mulai doa sebelum dan setelah sarapan di momen Natal, hingga doa misa malam.

Bingkai Foto Natal

Jika ingin membagi foto di berbagai media sosial, inilah saatnya berkreasi dengan aneka bingkai foto bertema Natal. Christmas Photo Frames buatan VicMan LCC bisa jadi pilihan. Template pilihannya banyak, cukup diisi foto wajah baik dengan memotret langsung ataupun dari koleksi di galeri ponsel. Bisa ditambahkan kata-kata sebelum disimpan dan dibagikan. Tidak hanya bingkai dan latar belakang, foto wajah dengan suasana Natal juga bisa dipakai untuk kalender 2017. Karena disimpan dalam ponsel, foto yang sudah dibingkai tak hanya bisa dibagikan ke media sosial, tapi juga bisa untuk wallpaper ponsel, foto profil, dan seterusnya.

Koleksi Lagu Natal

Penuhi ponsel Android Anda dengan lagu-lagu natal. Tidak hanya diatur sebagai nada dering, lagu-lagu itu bisa dipakai sebagai bunyi alarm, timer, dan nada pesan masuk. Tentu ada banyak sekali aplikasi sejenis, tapi di antara yang paling direkomendasikan ialah aplikasi Christmas Songs and Music buat­an Goodringtones yang menyediakan suara dan grafis yang berlisensi semua.

Kisah Natal

Anda bukan pendongeng yang hebat untuk mengisahkan berbagai dongeng Natal untuk anak-anak? Mungkin ini saatnya untuk menyerahkannya pada teknologi. Aplikasi Christmas Tale yang dikembangkan Tabtale merupakan buku cerita Natal yang interaktif. Di tiap halamannya, ada aktivitas Natal yang seru dan edukatif. Ada fitur ‘Read to Me’ untuk secara otomatis membacakan keseluruhan cerita. Di satu aplikasi yang sama, ada banyak permainan bertema Natal untuk anak-anak.

Kartu Ucapan Natal

Mengirim kartu ucapan selamat Natal sudah menjadi tradisi. Namun, di tahun yang penuh kreativitas ini, kenapa membatasi diri dengan gambar-gambar ucapan selamat Natal yang statis?

Aplikasi Christmas Cards Animation bisa diunduh secara gratis di Play Store. Kartu animasi buatan TBStudio LTD ini seru dan lucu, dengan efek suara yang menarik. Lebih dari itu, kartu video ucapan Natalnya, bisa dibagikan ke orang-orang terkasih dan kolega, lewat berbagai aplikasi pesan seperti Whatsapp, Messenger, Line, atau Wechat. (M-4)

Komentar