Internasional

Electoral College Secara Resmi Nyatakan Trump Presiden Ke-45 AS

Selasa, 20 December 2016 10:21 WIB Penulis: Sonya Michaella

AFP PHOTO / LAURENCE SAUBADU

ELECTORAL College Amerika Serikat (AS) mengesahkan bahwa Donald Trump keluar sebagai pemenang dari pemilihan umum presiden AS. Sebelumnya, quick count pada 8 November pun menunjukkan bahwa Trump adalah presiden terpilih ke-45 AS.

"Kita berhasil! Terima kasih pada semua pendukung saya, saya memenangkan pemilu (meski sejumlah media terdistorsi dan tidak akurat)," tulis Trump di akun Twitter pribadinya, seperti dikutip AFP, Selasa (20/12).

Dalam pernyataan yang dirilis oleh timnya, Trump sangat gembira menyambut kemenangannya. Trump berhasil mencapai 270 suara Electoral Vote mengalahkan Hillary Clinton dan akan segera dilantik pada 20 Januari 2017 menggantikan Barack Obama.

"Dengan langkah bersejarah ini, kita dapat melihat ke depan untuk masa depan yang cerah. Saya akan bekerja keras untuk menyatukan negara kami dan menjadi presiden semua orang Amerika," lanjutnya.

Electoral College membeberkan bahwa Trump memenangkan 306 suara dari yang seharusnya dibutuhkan untuk menang, yaitu 270 suara. Biasanya, hasil quick count dan hasil resmi electoral college tidak jauh berbeda.

Ucapan selamat pun berdatangan kepada Trump. "Selamat kepada Donald Trump! Resmi terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat!" tulis Wakil Presiden terpilih, Mike Pence di akun Twitternya.

Sementara menurut penghitungan New York Times, empat pemilih dari Partai Demokrat memberikan suara mereka untuk orang lain selain Hillary. Sedangkan, dua pemilih dari Partai Republik memilih orang lain selain Trump.

Saat quick count menunjukkan Trump menang, gelombang demonstrasi pun bermunculan di sejumlah negara bagian di AS, seperti di California, Texas, Los Angeles dan 22 negara bagian lainnya. (MTVN/OL-3)

Komentar