MI Anak

Kunci Selamat di Jalan

Ahad, 18 December 2016 08:19 WIB Penulis: Patrick Vicenzo

Edukasi aman berkendara di SD Karet Tengsin 01 Pagi, Jakarta. -- Dok. Patric

INILAH kiat menjaga keselamatan berlalu lintas yang dibagikan merek kendaraan Chevrolet saat melakukan edukasi di SD Karet Tengsin 01 Pagi, Jakarta.

Penyuluhan ini dipicu angka kecelakaan lalu lintas yang menjadi salah satu penyebab kematian paling tinggi di dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan, pada 2020 mendatang, kecelakaan lalu lintas akan menjadi penyebab kematian tertinggi nomor 3 di dunia.

“Kami sangat menyadari, keselamatan merupakan aspek terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang berhak melindungi dirinya, tapi bagaimana jika orang lain yang membahayakan diri kita? Inilah yang menggerakkan kami menggelar kampanye ini,” ungkap Gaurav Gupta, Presiden Direktur PT General Motors Indonesia.

Edukasi juga dilakukan para Broocolers, gabungan komunitas pengguna berbagai model Chevrolet, simak dan praktikkan ya!

• Jika setiap hari kamu berangkat sekolah menggunakan kendaraan bermotor, pastikan orangtua atau orang dewasa yang mengantarmu, maupun kamu sendiri, menaati aturan lalu lintas.

• Untuk yang menggunakan motor, jangan lupa memakai helm ya dan ingat, motor hanya boleh membawa satu penumpang. Jadi, walaupun badan kalian lebih kecil jika dibandingkan dengan orang dewasa, tetap saja orang dewasa tak boleh memboncengkan lebih dari satu anak.

• Tidak boleh mengoperasikan kendaraan bermotor, kecuali kamu kelak telah punyai surat izin mengemudi atau SIM, yang baru bisa didapat setelah lulus tes dan sudah menginjak usia minimal 17 tahun. Lebih baik gunakan kendaraan umum atau sepeda agar badan lebih sehat.

• Bagi yang menggunakan kendaraan roda empat, jangan lupa mengenakan sabuk pengaman dan yang paling penting, pengemudi tak boleh memainkan gadget. Harus tetap fokus melihat jalan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan selamat sampai tujuan.

• Bila kamu melihat teman yang melanggar aturan tersebut, sebaiknya diperingatkan agar secara tidak langsung kamu ikut mengurangi kecelakaan lalu lintas.

• Bukan hanya saat berkendara, ternyata ada juga hal-hal yang harus diperhatikan saat berjalan kaki. Berhati-hati saat berjalan, perhatikan jalan, bila ada kabel sebaiknya dihindari dan juga pelankan langkah kaki bila kamu merasa jalanan yang kamu lewati terasa licin agar tidak terpeleset. (Patrick Vicenzo, Universitas Bina Nusantara/M-1)

Komentar