Kuliner

Berjuta Rasa Nikmati Natal dan Tahun Baru

Ahad, 11 December 2016 00:45 WIB Penulis: Suryani Wandari Putri

Dok. Hotel Gran Mahakam

CIN­CANG­AN ka­sar salmon sengaja disajikan mentah, tetapi tetap segar dengan beberapa bumbu dan kacang kenari di atasnya. Di atas piring yang sama, sajian daging berwarna oranye itu dipadukan dengan salad lobster bermangkuk selada endives leave. Selain tampilan yang menarik, rasa yang dihasilkannya pun gurih dengan tambahan roti bagel.

Menu pembuka bernama lobster salad with walnut salmon tartare itu menjadi pengalaman kuliner pertama yang mengawali perayaan Natal dan detik-detik pergantian tahun di Hotel Gran Mahakam, Jakarta Selatan. Ya, dalam perayaan Natal dan Tahun Baru 2017 mendatang, Gran Mahakam kembali menyambutnya beragam hidangan yang nikmat dengan dekorasi yang elegan.

Dekorasi bunga kertas putih dan gantungan pohon Natal yang avant-garde dengan embellishment warna perak dan emas membuat suasana elegan dan megah di area lobi dan fountain area Gran Mahakam. Suasana itu semakin mengabadikan momen Natal bersama keluarga dan teman tercinta.
Begitupun untuk detik pergantian baru. Selain dekorasi menawan, akan ada penampilan live music yang memberikan momen perayaan lebih berkesan sambil menikmati hidangan spesial.

Chef dari Le Gran Cafe Gran Mahakam menghadirkan berbagai pilihan menu masakan khas Indonesia, Asia, dan Eropa untuk dua momen itu. Selain lobster salad with walnut salmon tartare untuk hidangan pembuka, saya pun sempat menikmati segarnya orange sorbet, Selasa (11/10). Es krim rasa jeruk yang disajikan cantik menggunakan kulit kulit jeruk sebagai mangkuknya. Rasanya yang manis dengan sedikit asam menetralkan lidah untuk dapat merasakan hidangan selanjutnya.

Masuk ke hidangan utama ada black angus beef madallion with foie gras and ragout mushroom. Steik daging sapi itu dikombinasi dengan cincangan jamur. Aroma dan rasanya terasa kuat, apalagi tingkat kematangan yang sempurna membuat dagingnya empuk dan lembut tetapi tidak cepat hancur ketika dipotong.

Lokal
Selain itu, ada masakan khas Indonesia yang digadang-gadang jagoannya Le Gran Cafe, seperti lontong mahakam dan nasi daun jeruk. Menikmati masakan yang satu ini, saya bak kembali ke kampung halaman. Namun, masakan kampung ini memiliki cita rasa yang modern.

Nasi daun jeruk yang saya nikmati, misalnya, nasi­nya dibentuk gunungan layaknya tumpeng versi mini dengan balutan daun pisang. Tak lupa tambahan beberapa masakan tradisional khas Indonesia seperti teri balado, cumi sambal ijo, dendeng balado, hingga satai ayam lengkap dengan peyek kacang yang berada di sekelilingnya. Cocok dengan lidah pecinta masakan Indonesia.

Sementara itu, untuk hidangan penutup, tersedia beberapa pilihan lezat yang manis pada saat Natal. Pavlo­va cake dan yule log cake atau hidangan penutup khas Le Gran Cafe chocolate melt yang disajikan dengan vanilla ice cream.

Bila menyukai masakan khas Jepang, Anda bisa menikmatinya di AOKI Japanese Cuisine. Ada banyak pilihan hidangan pras­­ma­nan khas Jepang dimulai dari gyuniku potato chip atau Hokkaido tomorokoshi untuk hidangan pembuka, truffle wagyu beef bowl, shabu-shabu, atau dry sukiyaki untuk hidangan utama. Tamu juga dapat menikmati berbagai pilihan minuman menyegarkan dan hidangan penutup seperti Passion Lemongrass, Tropical Drink, Healthy Juice, Jelly Coffee Cream, atau kelezatan mochi ice cream.
Tradisi makan bersama memang salah satu kegiatan yang tidak bisa dilepaskan dari peringatan hari raya. Pilihan masakan ala Gran Mahakam dengan berjuta rasa ini menjadi penghangat saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2017. (M-4)

miweekend@mediaindonesia.com

Komentar