Kuliner

Inspirasi Roti Perayaan

Ahad, 11 December 2016 00:30 WIB Penulis: Rin/M-1

MI/THALATIE YANI

MASIH bingung ingin membuat sajian apa pada Natal? Ingin sesuatu yang berbeda tapi tetap mempertahankan tradisi? Mungkin coba roti buah christmas stollen.

Roti berisi buah-buahan kering, kacang, dan rempah itu merupakan sajian tradisional Jerman. Roti yang terkadang diisi juga dengan marzipan itu biasanya di bagian luar dilumuri mentega cair dan gula halus. Meski bagian luarnya manis, roti ini tidak terlalu manis.

Pekan lalu, Chef Chairil Ichwan, kepala pengajar Bogasari Baking Center (BBC) Puspita, Ruko Pasar Modern, BSD, Tangerang, berbagi pengetahuan akan roti itu. Berbeda dengan roti manis yang beredar saat ini, roti asal Eropa itu memiliki tekstur berbeda. Itu lebih keras di bagian luar dan tampilannya sedikit kurang menarik.

Selain itu, proses pembuatannya berbeda. Biasanya setelah semua bahan dicampur, adonan akan menjadi kalis. Tanda sebuah adonan roti kalis biasanya semua bahan yang dicampur tidak menempel di mangkuk mixer dan adonan tidak mudah sobek.

“Roti ini tidak bisa kalis karena isiannya banyak sehingga biar kalis didiamkan di meja selama 1 jam,” ujar chef Chairil.

Chef Chairil juga mengingatkan khusus roti dari Eropa, sebaiknya telur, susu, dan mentega yang digunakan dalam kondisi beku. Suhu di Eropa lebih dingin ketimbang di Indonesia. “Jadi butuh ice flake yang lebih banyak,” cetusnya.

Namun, hal yang sama tidak bisa di­terapkan dalam proses pembuatan pound cake. Telur tidak perlu dibekukan atau dalam kondisi dingin saat pengadukan bahan.

Chairil juga menyarankan agar saat membaca resep dari Eropa untuk lebih berhati-hati. Misalkan penggunaan ragi yang harus direndam dalam air panas. Ragi di Eropa, lanjut Chairil, kebanyakan berbentuk koral atau menyerupai karang sehingga perlu dilarutkan terlebih dulu sebelum digunakan.

“Kalau menggunakan ragi instan tidak perlu direndam dalam air panas, bisa langsung dicampurkan dengan bahan lainnya,” ujarnya.

Namun, memasukkan ragi instan dalam air panas bisa dilakukan guna memastikan ragi aktif atau tidak. Biasanya dilakukan bila ragi tersebut sudah dibuka sebelumnya dan disimpan dalam jangka waktu lama.

Semoga ini bisa menjadi inspirasi menyambut Natal. (Rin/M-1)

Komentar