Lingkungan

Pertamina Berkomitmen Lestarikan Lingkungan

Sabtu, 10 December 2016 05:41 WIB Penulis: UL/H-1

ANTARA/Aswady Hammid

PT Pertamina tetap berkomitmen untuk ikut serta dalam upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup di Tanah Air.

Penegasan itu disampaikan General Manager PT Pertamina RU VI Balongan, Afdal Martha dalam rangka memperingati HUT ke-59 PT Pertamina, di Indramayu, Jawa Barat.

"Kami menyadari harapan masyarakat terhadap Pertamina semakin besar. Karena itu, kami akan terus aktif dalam berbagai program CSR yang langsung berdampak pada masyarakat," kata Afdal.

Salah satunya ialah dengan ikut aktif dalam penanaman mangrove di daerah Karangsong, Kabupaten Indramayu.

Penanaman mangrove di daerah tersebut diawali adanya abrasi yang mengikis pesisir pantai Indramayu akibat adanya sodetan sungai yang terjadi pada 1984 hingga 1993.

Untuk mencegah abrasi semakin merusak pesisir pantai bahkan permukiman penduduk, penanaman mangrove pun akhirnya dilakukan. Pertamina pun turut andil dalam penanaman tersebut.

Saat ini kawasan hutan mangrove di Karangsong, Indramayu, sudah menjadi kawasan ekowisata.

Warga sekitar pun telah dibina untuk memanfaatkan mangrove sebagai kuliner yang bisa diolah dan menghasilkan nilai tambah.

Di antaranya dibua sirup, cokelat, dodol, dan berbagai makanan lain.

"Diversifikasi pengolahan makanan dari mangrove bisa mendongkrak ekonomi warga," ungkap Afdal.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, yang hadir dalam rangkaian acara kemarin, menambahkan penanaman mangrove penting untuk menghindari kehilangan garis pantai dan permukiman di pesisir.

"Luas hutan mangrove di Indonesia saat ini mewakili 60% di Asia Tenggara dan 25% di dunia," kata Siti.

Luas hutan mangrove di Indonesia saat ini mencapai 3 juta hektare.

"Ini yang harus dijaga bahkan terus ditambah," tegasnya.

Siti mengapresiasi keberadaan hutan mangrove di Karangsong yang terus berkembang menjadi ekowisata bahkan membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.

Pada puncak peringatan HUT ke-59 PT Pertamina tersebut, hari ini, diadakan kegiatan pemberdayaan pesisir dan pembersihan pantai di lima wilayah, masing-masing di Tanjung Uban, Kepulauan Riau, Indramayu, Jawa Barat, Cilacap, Jawa Tengah, Banyuwangi, Jawa Timur, dan Balikpapan, Kalimantan Timur.

Komentar