Gaya Urban

Perhatikan Keselamatan

Ahad, 20 November 2016 04:40 WIB Penulis: M-3

MI/FARIO UNTUNG

AGUS Suyanto yang merupakan salah satu anggota dari Archipelago Fishing Community mengingatkan soal aspek kesalamatan. Aspek tersebut bisa dimulai dengan pendampingan saat memancing, terutama bagi pemancing pemula. "Tentunya pemancing pemula hrus bergabung dengan tim lain yang sudah berpengalaman sehingga bisa mengambil pelajaran dari sisi persiapan, perbekalan, teknik, peranti mancing, safety, dan spot mancing," ujar Agus.

Untuk aspek keselamatan sendiri, setiap pemancing harus menyiapkan rompi pelampung pribadi, terlebih jika di perahu tidak tersedia. Selain itu, para pemancing harus mengatur perbekalan dengan baik yang mencakup juga untuk keadaan darurat.

Setelah persiapan tersebut, Agus menyarankan agar pemancing pemula menggunakan teknik mancing dasaran (bottom fishing). Pasalnya, teknik tersebut masih tergolong mudah dan cepat dimengerti. "Untuk pemancing pemula umumnya memancing dengan teknik bottom fishing atau mancing dasaran. Peranti yang diperlukan timah pemberat, mata kail, umpan, tali pancing, joran, dan reel penggulung," paparnya.

Agus pun mengaku, semakin banyak masyarakat yang ingin mencoba aktivitas memancing itu menandakan banyak sisi positif yang didapat bagi individu itu sendiri. "Karena bagi saya, memancing bisa menghilangkan stres dari rutinitas harian. Dari persiapan, perjalanan menuju spot, saat memancing, dan kembali termasuk aktivitas yang menghabiskan banyak kalori. Jadi baik untuk terhindar dari obesitas," pungkas Agus.

Komentar