Advertorial

KAJI dan Hotel Horison Gelar Bekasi Dragon Boat Matsuri 2016

Rabu, 16 November 2016 15:16 WIB Penulis: RO

Dok. Horison Ultima Bekasi

UNTUK kelima kalinya, Komunitas Alumni Jepang di Indonesia (KAJI) kembali mengadakan festival kebudayaan Jepang Sakura Matsuri pada 5-6 November 2016. Bekerja sama dengan Hotel Horison Ultima Bekasi, festival kali ini bertajuk Bekasi Dragon Boat Matsuri (BDBM) 2016.

Berbeda dengan festival sebelumnya, Sakura Matsuri kali ini akan dikaloborasikan dengan olahraga air. Dengan mengangkat tema "Sinergi Wisata Budaya & Olahraga dalam Acara Bekasi Dragon Boat Matsuri 2016", festival ini diselenggarakan di pelataran Kalimalang dekat Hotel Horison dan Mal Metropolitan Bekasi, yang "disulap" menjadi tempat wisata budaya dan olahraga.

"Kami harapkan hal ini akan menginspirasi generasi muda khususnya Kota Bekasi, untuk senantiasa berinovasi dan lebih kreatif dalam menghidupkan kota Bekasi menjadi salah satu destinasi wisata yang diperhitungkan," Ujar Purwantono, Wakil Direktur Divisi Hotel PT Metropolitan Land Tbk.

Acara ini bertujuan memperkuat hubungan antara Indonesia dan Jepang melalui olahraga dan pertukaran budaya ini akan berisi kompetisi dayung yang memanfaatkan Kalimalang yang melintas di depan Hotel Horison Bekasi. Horison Ultima Bekasi memanfaatkan sarana yang ada untuk wisata budaya yang bisa menjadi ciri khas Bekasi.

Kompetisi ini diikuti oleh sedikitnya 12 perusahaan yang berbeda sebagai perwakilan peserta. Selain kompetisi dayung, di sepanjang Kalimalang, kegiatan ini juga akan diisi oleh beragam acara yang menampilkan kesenian dan kebudayaan Jepang di Indonesia, penampilan dari grup band dan idola setempat serta diramaikan oleh lebih dari 72 stand pameran yang dapat dinikmati pengunjung.

"Acara ini merupakan festival pertama di Indonesia uyang menggabungkan antara pertandingan Dragon Boat, Kebudayaan Jepang, dan Indonesia," imbuh Purwantono.

Selain pemerintah Kota Bekasi, acara ini didukung juga oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Jepang Foundation (JF), Japan External Trade Organization (JETRO), Japan National Tourism (JNTO), The Overseas Human Resources and Industry Develpoment Association (HIDA), The Jakarta Japan Club (JJC), Cikarang Japan Club (CJIC), serta perkumpulan masyarakat Jepang di Bekasi.

Dipilihnya kota Bekasi sebagai tempat pelaksanaan BDBM yang pertama ini karena Bekasi merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang mengalami pertumbuhan yang begitu cepat dalam berbagai sektor karena berada dekat dengan beberapa Kawasan Industri yang didominasi oleh perusahaan Jepang. BDBM ini juga diharapkan menjadi wadah terciptanya suasana keakraban bagi orang Jepang dan Indonesia.

Penyelenggara berharap bahwa masyarakat Indonesia, baik yang sudah mengenal budaya Jepang maupun yang belum, dapat merasakan kegembiraan di festival nanti. Sedangkan bagi warga Jepang, selain melepas rindu suasana kampung halaman, juga dapat saling lebih mengenal dan lebih mempererat hubungan antara Jepang-Indonesia.

Untuk mensukseskan acara, pelaksanaan BDBM 2016 ini dibantu oleh 80 sukarelawan sebagai panitia penyelenggara acara dan 70 orang sukarelawan kebersihan, sehingga selain diharapkan dapat menciptakan kenyamanan juga proses edukasi dalam menjaga kebersihan dalam penyelenggara festival. Acara ini selanjutnya akan menjadi agenda rutin tahunan.(RO/OL-06)

Komentar