Film

Perankan Ibunda Jusuf Kalla, Cut Mini Tekan Emosi

Jum'at, 23 September 2016 17:16 WIB Penulis: Agustinus Shindu Alpito

ANTARA FOTO/Yossy Widya

SALAH satu catatan positif dari film Athirah adalah peran Cut Mini yang sukses berdialog dengan dialek perempuan Bugis.

Sutradara Riri Riza tampak berupaya menyuplik kisah kehidupan Athirah dengan pendekatan yang riil. Hal itu tampak dari dialek dan bahasa yang digunakan sepanjang film, juga ikon-ikon kultural mulai dari pakaian hingga kuliner.

Athirah merupakan ibunda dari Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kisahnya lebih dulu diangkat dalam novel dengan judul sama, yang ditulis oleh Alberthiene Endah.

Dalam memainkan perannya di film ini, Mini mengaku belajar dialek dan bahasa Bugis dalam waktu yang singkat.

"Soal bahasa, saya belajar dua bulan. Dua bulan itu saya belajar bahasa bersama Mas Riri," katanya, Jumat (23/9)

Riri memang memiliki kedekatan tersendiri dengan film Athirah. Sutradara yang beberapa waktu lalu sukses membesut Ada Apa Dengan Cinta 2 itu dibesarkan di kawasan Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Mini yang berdarah Aceh juga membeberkan bahwa proses pendalaman karakter sebagai Athirah bukan tantangan yang mudah.

"Kalau dibilang sulit, sulit sekali. Membaca skenario awalnya memang sulit sekali. Saya belajar bagaimana saya membaca skenario yang baik dan benar. Cara menghayati peran, di sini saya menoba menekan semua emosi saya yang ada. Tidak boleh ada sedikitpun emosi yang berlebihan di dalam memerankan Ibu Athirah ini sebagaimana yang tertera di skenario," ujarnya.

Mini menjalani proses pendalaman karakter dengan cara bertemu dengan keluarga Athirah, salah satunya anak tertua Ibu Athirah.

Film Athirah mulai tayang pada 29 September mendatang. (MTVN/OL-2)

Komentar