Seni

Combi Pengganjal Lapar

Ahad, 4 September 2016 00:00 WIB Penulis: Dzulfikri Putra Malawi

Dok. Dzulfikri Putra Malawi

ADA hal yang menarik dalam helatan Soundrenaline Festival 2016, yaitu banyaknya mobil VW combi yang menjual makanan. Mereka terletak di dekat panggung Louder than Ever dan Go Ahead Stage. Dari banyaknya combi tersebut, Media Indonesia menemukan combi bernama Beerbuzz.

Rupanya combi berwarna putih susu itu adalah combi terlama yang ada di Bali sejak tahun 2010 lalu. Bisa dibilang mobil itu menginspirasi combi lainnya menjadi food truck yang mulai tren di Bali sejak 2013.

Sang pemilik, Ivan, 33, bersama ketiga rekannya memang menyukai dunia otomotif. Mereka merenovasi sebuah mobi combi untuk menjadi mobile bar. “Modifikasinya sendiri dari mulai ngecat, furniture di dalamnya. Kami menjadi trensetter orang, banyak yang nanya di facebook, atau datang langsung ke tempat kami jualan. Ada yang mau ngirim ke Prancis, dari ekspatriat. Dari spanyol juga ada yang nanya gimana modifikasinya.” papar Ivan.

Seiring berjalannya waktu, selain menikmati minuman, rupanya para pelanggan juga ingin menikmati sajian makanan ringan. Akhirnya Ivan dan kawan-kawan membuat menu-menu makanan seperti burger karena saat itu sedang musim turis Eropa.

Uniknya, Ivan mengatakan menu makanan yang dibuat selalu berubah mengikuti tren turis yang ada. “Misalnya saat ini lagi banyak turis Asia, kami bikin menu dengan nasi seperti chicken rice bowl dan rendang rice bowl, lalu ada chicken shawarma,” lanjutnya.

Soal rasa, tak perlu dikhawatirkan. Terutama Chicken Shawarma, bumbu rempahnya begitu kuat melekat dalam daging. Mayonaise garlic souce pun dibuat sendiri, sehingga rasanya khas. Berpadu dengan roti shawarma yang cukup mengenyangkan untuk siap lanjut menikmati festival Soundrenaline.

Combi Beerbuzz ini juga kerap disewa untuk event-event tertentu seperti pesta perkawinan dan perhotelan. Menjamurnya combi serupa tidak membuat Ivan khawatir tersisihkan dari pasar.

Networking-nya tidak khawatir, kami punya jaringan di sejumlah hotel dan kafe besar di Bali. Kalau hanya mengandalkan jualan harian makan dan minum saja tidak menutup biaya operasionalnya. Kekuatan kami itu jaringan dan eksplorasi menu serta ide-ide yang tidak dibatasi. Rencananya mau dikembangkan dengan mobil baru jenis VW tapi dengan bentuk yang lain,” pungkasnya. (Fik/I-1)

Komentar