Seni

Jimmy Page Bantah Stairway to Heaven Hasil Contekan

Kamis, 16 June 2016 22:45 WIB Penulis: AFP/I-1

AP Photo/Warner Music Group, Soren Solkaer Starbird

GITARIS Led Zeppelin Jimmy Page membantah riff pada lagu Stairway to Heaven yang dia ciptakan merupakan hasil contekan. Hal itu diutarakannya saat bersaksi pada sidang di Los Angeles, Amerika Serikat, Kamis (16/6). "Hal semacam itu sudah ada di pikiran saya. Sungguh aneh buat saya tuduhan itu,'' ujar Page yang datang mengenakan jas abu-abu berikut dasi, seperti dikutip The Guardian.

Seperti diwartakan sebelumnya, Stairway to Heaven yang menjadi salah satu karya masterpiece Led Zeppelin, diduga hasil contekan dari lagu Taurus milik grup band rock asal Amerika Serikat, Spirit. Hal itu terutama terletak pada bagian intro lagu tersebut yang hanya berisi petikan gitar.

Adalah Michael Skidmore, pengacara Randy Wolfe alias Randy California yang merupakan gitaris Spirit pencipta lagu tersebut, yang mengajukan gugatan pada April lalu. Lagu itu diciptakan band Spirit pada 1967 atau tiga tahun sebelum Zeppelin merilis lagu tersebut.
Dalam persidangan, personel Spirit, Mark Andes juga dihadirkan sebagai saksi. Dia sempat memainkan kedua lagu itu secara akustik dan terdengar memang ada kesamaan. selain itu, video klip kedua lagu itu juga sempat diputar di persidangan.

Menurut pengacara Randy, Page kemungkinan terinspirasi menulis Stairway to Heaven setelah mendengar lagu Taurus yang dimainkan Spirit kala mereka tur bareng di tahun 1968 dan 1969.

Lagu Stairway to Heaven yang dirilis pada 1971 berdurasi sekitar 8 menit dan menuai sukses besar kala itu. Bahkan, hingga kini lagu tersebut masih sering diputar di berbagai stasiun radio maupun di ruang-ruang karaoke.

Anehnya, Randy sendiri tak pernah mengklaim hak cipta lagu itu dan chord yang dia ciptakan tak pernah mendapat perlindungan hak cipta.

Ini bukan kali pertama Zeppelin tersandung kasus pelanggaran hak cipta. Mereka sebelumnya pernah digugat Willie Dixon karena lagu Whole Lotta Love yang ditulis Zeppelin ada kesamaan lirik dengan lagu Dixon yang berjudul You Need Love. Setelah bolak-balik ke pengadilan, akhirnya diputuskan Dixon lah yang diakui sebagai co-writer lagu yang terdapat di album Led Zeppelin II tersebut. (I-1)

Komentar