Megapolitan

Waspada Penipuan dengan Modus Lowongan Pekerjaan

Jum'at, 27 May 2016 23:20 WIB Penulis: Putra Ananda

Ilustrasi

PARA pencari kerja dituntut untuk selalu waspada dan berhati-hati agar tidak menjadi korban penipuan dengan modus lowongan pekerjaan. Beberapa hari belakangan ini modus penipuan tersebut kembali marak. Komplotan penipu memanfaatkan kebergantungan pencari kerja yang didominasi 'fresh graduate' (lulusan baru) akan kebutuhan mereka untuk mendapatkan pekerjaan.

Penipu secara acak akan mengirimkan surat elektronik (email) kepada sasaran mereka bahwa calon korban telah diterima di perusahaan tertentu. Dalam email tersebut, penipu akan meminta korban untuk membayarkan sejumlah uang ke agen perjalanan guna keperluan biaya akomodasi pelaksanaan tes dan wawancara di Jakarta. Namun, setelah korban membayarkan sejumlah uang, tiket yang dimaksud tidak mereka dapatkan.

Salah satu persahaan yaitu PT Provident Agro membenarkan bahwa banyak oknum yang mengatasnamakan perusahaanya untuk mencari keuntungan dengan menipu para pencari kerja. Padahal, dalam laman perusahaan sudah jelas dicantumkan bahwa proses perekrutan karyawan baru tidak dipungut biaya sepeser pun.

"Sudah banyak laporan yang masuk ke perusahaan kami yang menyebutkan kami meminta sejumlah uang dari calon karyawan baru. Padahal, kebijakan perusahaan sudah sangat jelas bahwa calon karyawan tidak dikenakan biaya sepeser pun," ujar Kepala Operator PT Provident Agro, Rambat saat menerima telepon dari Media Indonesia, Jumat (27/5).

Berdasarkan banyaknya korban yang telah tertipu, Rambat mengimbau agar para pencari kerja bisa lebih berhati-hati. Ia menyarankan untuk mengecek secara langsung kebenaran lowongan pekerjaan tersebut melalui laman resmi perusahaan. Pihak perusahaan pun sudah melaporkan hal ini kepada pihak yang berwajib. (Uta/OL-5)

Komentar