Humaniora

MDIS Terus Investasi Cetak SDM Bermutu

Senin, 12 February 2018 20:15 WIB Penulis:

DALAM acara media gathering yang diselenggarakan hari ini, the Management Development Institute of Singapore (MDIS) sebagai institusi nirlaba tertua di Singapura yang berdedikasi untuk pendidikan berkelanjutan, mengumumkan rencananya untuk terus tumbuh dan mengembangkan eksistensinya baik di dalam negeri dan di kancah internasional.

Beberapa inisatif utama yang telah dilakukan di antaranya memperkenalkan program sekolah keperawatan yang baru pertama kali dilakukan di sektor pendidikan swasta.

Selain itu, MDIS juga telah membuka kampus baru di Malaysia, serta memperkenalkan beberapa program baru yang relevan dengan kebutuhan industri dan berfokus pada pengembangan keterampilan.

MDIS juga merupakan pembuka jalan di industri pendidikan swasta untuk mengadakan beberapa kelas (courses) yang berkaitan dengan keterampilan yang akan dibutuhkan di masa depan.

"Melalui sejarah yang telah kami lewati selama 61 tahun, MDIS selalu mencari jalan untuk mentransformasikan pendidikannya kepada individu dari berbagai umur. Ini sangat penting karena kondisi industri pendidikan swasta kini semakin kompetitif dengan keperluan yang selalu berkembang," PBM dan Sekjen MDIS, Dr R Theyvendran, dalam keterangannya, Senin (12/2).

Secara lokal, lanjut dia, pihaknya akan melanjutkan untuk berinvestasi pada infrastruktur dan memperkenalkan program baru dari beberapa universitas internasional ternama untuk membentuk kesiapan lulusannya di masa depan.

"Pada saat yang sama, kami juga meningkatkan atau memaksimalkan kehadiran kami secara regional untuk mempromosikan diri sebagai 'brand' Singapura untuk pendidikan di luar negeri," imbuh Theyvendran.

MDIS telah menargetkan untuk memperkenalkan 100 program baru hingga 2020. Program yang baru saja diperkenalkan ialah gelar Doctor di Administrasi Bisnis dan gelar Masters di Administrasi Bisnis.

Beberapa program lain mencakup kelas programming drone (drone programming course) yang berada di bawah naungan sekolah Teknik MDIS. Di 2017, MDIS telah meperkenalkan hampir 30 program baru.

MDIS juga akan menyelenggarakan berbagai kursus di bawah skema SkillsFuture dalam 3 tahun mendatang. Hingga 20% program kursus tersebut akan memenuhi persyaratan kredit SkillsFuture.

Bagi individu yang ingin memulai perubahan di pertengahan karier, the Management Development and Consultancy (MDC) – badan pelatihan untuk korporasi MDIS – juga telah mengumumkan rencananya untuk menawarkan berbagai kelas yang memenuhi kredit SkillsFuture.

Program-program tersebut meliputi Kepemimpinan dan Manajemen Manusia, Practical Business Analytics and Compliance Risk Charter and Framework, dan lainnya.

Pembukaan Sekolah Keperawatan MDIS juga selaras dengan insiatif pemerintah di sektor pelayanan kesehatan. Program baru ini akan menawarkan fasilitas yang telah dilengkapi untuk perawat teregistrasi (post-registered nurses) untuk mendapat keterampilan praktik dan eksposur terhadap profesi keperawatan.

Program ini juga menawarkan program untuk perawat yang belum teregistrasi (pre-registration) dalam waktu dekat, untuk memenuhi tingginya kebutuhan pada dunia keperawatan di masa depan.

Selain telah menciptakan dampak yang besar dalam skala lokal, MDIS juga telah menyiapkan beberapa rencana utama secara internasional untuk 2018 dan tahun-tahun mendatang. MDIS berencana untuk membuka tiga kampus baru di Malaysia, Uzbekistan, dan India. (RO)

Komentar