Nusantara

Pemimpin Kota Tinggalkan Ridwan Kamil

Rabu, 14 February 2018 10:10 WIB Penulis:

MI/Bayu Anggoro

DALAM dua hari ke depan, Ridwan Kamil akan memimpin Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, seorang diri. Dua pimpinan lain yakni Wa-kil Wali Kota Oded M Danial sudah mengajukan cuti sejak 12 Februari dan Sekretaris Daerah Yossi Irianto sudah mengundurkan diri pada hari yang sama.

Ridwan Kamil juga akan meninggalkan jabatannya untuk sementara mulai Kamis (15/2). Emil akan berkonsentrasi meraih asa menjadi Gubernur Jawa Barat, Oded ingin melanjutkan kepemimpinan Emil di Kota Bandung, dan Yossi bersaing dengan Oded.

Sampai kemarin, siapa yang harus mengurus Pemerintah Kota Bandung belum jelas. Jabatan wali kota akan diduduki seorang pelaksana tugas. Namun, Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang berwenang menunjuk Plt belum melakukannya.

Adapun pengganti Yossi untuk sementara, Pemkot Bandung sudah menunjuk pelaksana tugas sekda, yakni Evie S Shaleha. Evie saat ini masih menjabat asisten administrasi umum dan kepegawaian. "Penunjukan Bu Evie bersifat sementara sampai sekda definitif terpilih. Pak Yossie telah mengundurkan diri pada 12 Februari," kata Ridwan Kamil, kemarin.

Dia mengakui penunjukan Evie masih harus menunggu persetujuan Gubernur Jawa Barat. Sesuai aturan, proses pemilihan penjabat atau plt sekda akan dimulai lima hari setelah tanggal pengunduran diri pejabat lama.

Di tempat terpisah, Yossi Irianto menegaskan bahwa dirinya telah resmi mengundurkan diri pada 12 Februari. "Saya sudah tidak lagi menjabat sekda terhitung sejak 12 Februari," ujarnya.

Di Sumatra Selatan, Gubernur Alex Noerdin menunjuk empat pejabat senior di lingkungan pemprov untuk menjadi pejabat sementara wali kota. Keempat kota yang kepala daerahnya mengajukan cuti untuk mengikuti pilkada ialah Palembang, Prabumulih, Pagaralam, dan Lubuklinggau.

"SK Menteri Dalam Negeri sudah ada dan akan diserahkan kepada pjs yang bersangkutan. Untuk tiga kabupaten, yakni Musi Banyuasin, Ogan Komeriling Ilir, dan Lahat, saya juga akan menyerahkan SK pelaksana tugas," kata Alex.

Ia berharap para pjs dan plt dapat menjaga iklim kondusif di setiap daerah yang mereka pimpin. Apalagi, dalam waktu dekat, Sumatra Selatan juga menjadi tuan rumah Asian Games.

Kepala Biro Otonomi Daerah Pemprov Sumsel, Amsin, mengatakan tugas para pejabat itu akan berlangsung selama 4,5 bulan.

"Pjs wali kota bisa memutuskan kebijakan teknis, termasuk memutasi pegawai, dengan persetujuan mendagri dan rekomendasi gubernur." (BU/DW/N-2)

Komentar