Internasional

Potret Obama Hiasi Galeri Nasional

Rabu, 14 February 2018 07:40 WIB Penulis:

AFP/SAUL LOEB

MANTAN Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan istrinya, Michelle Obama, meresmikan peluncuran lukisan mereka di Galeri Nasional Washington, Senin (12/2).

Lukisan itu merupakan dua karya kontras seniman Amerika-Afrika. Pasangan mantan orang nomor satu AS itu mengungkapkan rasa terkejut dan senang terhadap karya fantastis tersebut.

Lukisan itu merupakan karya Kehinde Wiley dan Amy Sherald. Mereka mendapat mandat dari National Portrait Gallery di Washington untuk membuat karya gemilang tentang Obama dan istrinya.

Secara resmi, lukisan itu diluncurkan pada sebuah acara yang bertabur bintang. Hajatan tersebut sekaligus menjadi ritus peralihan bagi sebagian besar mantan Presiden AS.

Sebagai informasi, museum itu menyimpan potret seluruh komandan utama AS. Namun, adanya tambahan potret Obama membuat nuansa menjadi sangat berbeda karena hadirnya potret tradisional sang presiden.

Pada lukisan itu, Obama dan Michelle menunjukkan karakteristik masing-masing. Pasangan presiden kulit hitam pertama AS tersebut terlihat keren dan percaya diri.

Wiley melukis Obama dengan latar belakang botani yang khas. Dia berpose serius di tepi kursi kayu dan terlihat seakan terjerat dalam semak dedaunan dan bunga.

Pose itu mengingatkan publik pada warna tropis negara bagian AS di Pasifik, yakni Hawaii.

"Bagaimana dengan pose itu? Itu cukup tajam," canda Obama saat ia mengucapkan terima kasih kepada staf dan rekan-rekannya yang hadir dalam acara tersebut.

Pose Obama itu dengan cepat tersebar di internet. Netizen meresponsnya dengan membuat lelucon tentang dia terjebak dalam semak belukar.

Puji Sherini

Obama juga memuji Sherini karena dinilai begitu spektakuler menangkap anugerah, keindahan, kecerdasan, pesona, dan kesegaran perempuan yang ia cintai.

Seniman yang berbasis di Baltimore itu memberi Michelle nuansa warna abu-abu dengan hanya beberapa percikan karang, merah muda, dan kuning, yang bertautan dengan latar belakang kulit telur cangkang.

Citra yang dihasilkan membuat subjek hampir menjadi sebuah renungan. Gaun Michelle, sebuah bentuk yang membentuk perempuan pertama yang pakaiannya sering menjadi fokus perhatian, mendominasi bingkai.

Seperti dalam lukisan sebelumnya dari subjek Afrika-Amerika, Michelle tampak siap dan kuat saat melihat ke bawah kepada pengunjung.

Menurut pihak otoritas galeri, potret Obama akan digantung di samping para mantan Presiden AS. Pada jajaran potret-potret itu, terdapat potret Lansdowne George Washington karya Gilbert Stuart.

Sementara itu, lukisan Michelle Obama hanya akan digantung di galeri hingga November tahun ini. (AFP/Arv/I-4)

Komentar