Nusantara

Jenazah Adelina belum Dipulangkan

Selasa, 13 February 2018 23:45 WIB Penulis: (PO/RO/N-3)

ilustrasi--thinkstock

ADELINA Lisao, 21, tenaga kerja Indonesia yang meninggal dianiaya majikan di Malaysia, hingga kini belum dipulangkan ke Tanah Air. Sebelum meninggal, Adelina dipaksa tidur bersama anjing rottweiler di beranda rumah majikannya selama satu bulan. Adelina dievakuasi di rumah sakit pada Minggu (13/2), tetapi nyawanya tidak tertolong. Kepala BP3TKI NTT Tato Tirang membenarkan kejadian tersebut. Adelina merupakan warga Desa Abi, Kecamatan Oenino, Kabupaten Timor Tengah Selatan. “Adelina diduga berangkat ke Malaysia melalui jalur tidak resmi. Saat (Adelina) dievakuasi ke rumah sakit, di tubuhnya terdapat luka mengeluarkan nanah, diduga luka bakar,” terang Tato, Selasa (13/2).

Sementara itu, dari Jeddah, Arab Saudi, pekerja migran Indonesia Suneni Murti Warsudi yang lebih dari 10 tahun menghilang dan tidak ada komunikasi akhirnya bisa ditemukan. Ia pun akhirnya dipulangkan dari Jeddah pada Selasa (6/2).
Staf Teknis Tenaga Kerja KJRI Jeddah, Mochamad Yusuf, mengatakan Suneni yang asal Cirebon berangkat ke Arab Saudi pada 2006 dan bekerja sebagai asisten rumah tangga di sebuah keluarga di Kota Jizan, sekitar 680 kilometer dari Jeddah. Keberadaan Suneni baru terlacak saat ia membarui paspor. “Sejak kedatangannya di Arab Saudi belum pernah memperbarui paspor. Keluarganya sudah mencarinya sejak 2011,” kata Yusuf.
Lulusan SD itu masih ingin bekerja di Arab Saudi, tetapi ia tetap dipulangkan. (PO/RO/N-3)

Komentar