Sepak Bola

Piala Gubernur Kaltim Tutup Pramusim

Selasa, 13 February 2018 06:17 WIB Penulis: (sat/R-3)

Ilustrasi

TURNAMEN Piala Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) 2018 akan menjadi kejuaraan penutup sebelum musim baru kompetisi Liga 1 2018 digelar pada 10 Maret mendatang. Sebanyak delapan tim akan ikut berpartisipasi dalam pagelaran yang dihelat pada 23 Februari-4 Maret mendatang.

Dari delapan tim itu, sebanyak tujuh tim merupakan tim-tim yang mengisi kompetisi tertinggi di Indonesia yakni Borneo FC, Arema FC, Mitra Kukar, Bali United, Persebaya Surabaya, Madura United, dan Sriwijaya FC. Sisanya, satu tim dari Liga 2, yakni Persiba Balikpapan.

Kedelapan tim itu akan dibagi menjadi dua tim pada babak penyisihan grup. Pertandingan Grup A akan dipusatkan di Stadion Segiri Samarinda dan grup lainnya akan menggunakan stadion Batakan di Balikpapan. Khusus untuk partai pembuka dan partai final serta perebutan peringkat ketiga dan keempat akan digelar di Stadion Palaran.

Kontestan Piala Gubernur Kaltim tahun ini sebenarnya berkurang empat tim dari perhelatan sebelumnya pada 2016 silam. Menurut Wakil Ketua Steering Committe Yunus Nusi menyebut pengurang jumlah peserta karena terbatasnya waktu penyelenggaraan.

"Kita dapat informasi bahwa Liga 1 akan digelar 10 Maret, jadi slot waktu cukup terbatas menjadi pertimbangannya. Kalau 12 tim seperti sebelumnya akan memakan waktu," jelas Yunus.

Untuk format pertandingan di fase grup, Piala Gubernur Kaltim tidak mengenal hasil seri. Pertandingan yang berakhir seri di waktu normal akan langsung dilanjutkan dengan eksekusi penalti. Tim yang menang pada adu penalti akan diberikan poin dua, sebaliknya jika kalah dalam penalti hanya akan mengunci satu poin. Untuk hasil kemenangan, seperti biasa, terhitung tiga poin dan kalah tidak akan mendapatkan poin.

Lebih lanjut untuk pendaftaran pemain, setiap klub diperbolehkan mendaftarkan maksimal 30 pemain. Kuota pemain asing berjumlah enam orang dengan hanya empat saja yang diizinkan merumput di setiap pertandingan.

"Juara pertama akan mendapatkan hadiah Rp1 miliar, peringkat kedua Rp750 juta, sete-rusnya Rp500 juta, dan peringkat keempat Rp250 juta. Semoga menjadi hiburan bagi masyarakat Kalimantan Timur," kata Ketua SC Piala Gubernur Kaltim Donna Faroek.

Komentar