Internasional

Diplomasi Zaman Now Kunci Revolusi Mental

Senin, 12 February 2018 21:11 WIB Penulis: Anastasia Arvirianty

ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie

PERWAKILAN Republik Indonesia di luar negeri kini memiliki tantangan untuk menjalankan diplomasi ala Presiden Joko Widodo yakni diplomasi zaman now.

Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dalam rapat kerja dengan Kepala Perwakilan Republik Indonesia (Raker Keppri) 2018. Ini merupakan agenda rutin Kementerian Luar Negeri setiap tiga tahun.

Raker Keppri kali ini mengusung tema 'Diplomasi Zaman Now'. Tercatat 134 perwakilan para duta besar hadir untuk menerima pengarahan langsung dari Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

"Kata zaman now merupakan kunci dari segala perubahan atau yang sering kita pakai adalah revolusi mental," kata Retno di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (12/2)

Retno menjelaskan, perubahan pola pikir atau revolusi mental yang diinginkan Presiden Jokowi belum bisa dilakukan ke semua lapisan, untuk dapat membawa Indonesia melompat maju dan memastikan lompatan tersebut dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Indonesia dan dunia.

“Maka perubahan pola pikir harus dilakukan oleh setiap orang termasuk diplomat Republik Indonesia," tegas Retno.

Kendati demikian, Retno mengungkapkan, dunia internasional telah mengakui peran diplomasi Indonesia dalam perdamaian maupun kemanusiaan.

"Kita patut bersyukur bahwa diplomasi kita mendapatkan apresiasi dunia, dan sudah menjadi komitmen Indonesia untuk terus berkontribusi dalam mewujudkan perdamaian dan kesejahteraan dunia," pungkas Retno. (OL-4)

Komentar