Olahraga

Indonesia Hanya Loloskan Satu Petinju

Senin, 12 February 2018 20:50 WIB Penulis: Budi Ernanto

Ist

INDONESIA hanya mampu meloloskan satu petinju saja dari empat yang ada ke semifinal test event Asian Games 2018.

Mathius Mandiangan meraih tiket ke semifinal setelah mengalahkan petinju Thailand Ruamtham S dalam pertandingan di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Selasa (12/2).

Mathius mengatakan dirinya berupaya keras tampil habis-habisan untuk tidak tersingkir setelah rekan-rekannya mengalami kekalahan. "Ini pertama kali saya bisa mengalahkan petinju Thailand di ajang internasional. Selama ini, saya selalu mengalami kekalahan," ujarnya.

Wakil Indonesia yang pertama kali menelan kekalahan adalah Stevanus Nahak. Turun di kelas Terbang (52kg), Stevanus yang merupakan adik kandung Julio Bria, juga wakil Indonesia di test event, gagal mengalahkan Duangnut K (Thailand).

Sebenarnya, penampilan Stevanus cukup bagus. Bahkan, dia beberapa kali menyarangkan pukulan telak ke arah petinju Thailand tersebut. Tapi, upaya dia sia-sia karena keputusan wasit tidak menguntungkannya.

Sementara Julio yang turun di kelas bantam 56kg, harus mengakui ketangguhan petinju Thailand Yutapong Tongdee. Bekal peraih medali emas SEA Games 2011 dan juara Piala Kapolda Metro Jaya 2018 itu tidak mampu menjadi bekal untuk berlaga di test event.

"Saya salah strategi karena terlalu memaksa bertarung dalam jarak pendek. Hanya di ronde ketiga, saya bisa mengumpulkan poin karena menjaga jarak," tutur Julio.

Dalam pertandingan itu, kondisi fisiknya juga tidak mendukung. Dia tidak sigap saat menghadapi serangan balik lawan.

Petinju Indonesia ketiga yang bernasib sama seperi Stevanus dan Julio adalah Brama Henda Betaubun. Brama turun di kelas menengah (75 kg), tapi dia tidak mampu menundukkan Chia Wei Kan (Taiwan). (OL-4)

Komentar