Eksplorasi

Anjing Menggigit Orang yang Gugup

Sabtu, 10 February 2018 11:45 WIB Penulis:

GETTY IMAGES

APAKAH kamu takut anjing? Jika iya, cobalah untuk tidak merasa gugup. Menunjukkan kecemasan akan menimbulkan risiko tergigit anjing.

Sudah berabad-abad pecinta hewan mengatakan anjing dapat merasakan ketakutan seseorang, tapi baru kali ini dibuktikan periset dari Universitas Liverpool.

Penelitian itu melibatkan 694 orang yang tinggal di Cheshire, Inggris, yang terdiri atas pemilik anjing maupun bukan pemilik anjing. Hasilnya, seperempat dari peserta mengatakan mereka pernah digigit anjing setidaknya sekali. Para ilmuwan menilai stabilitas emosional mereka dengan menggunakan tes psikologis yang disebut inventori kepribadian 10 item, yang mengukur kepercayaan diri, kegugupan, dan kecemasan. Mereka menemukan orang-orang yang lebih stabil emosinya ialah yang paling tidak mungkin digigit anjing.

Tim peneliti, yang mencakup pakar dari lembaga infeksi dan Institut Veteriner Liverpool, percaya bahwa orang yang tidak aman memiliki anjing yang tidak aman pula. Orang dengan kondisi seperti attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) memancing anjing berperilaku seperti mereka. "Ini menambah kekuatan pada temuan kami bahwa kepribadian mungkin terkait dengan kejadian gigitan anjing," kata peneliti. (Dailymail/Hnf/L-2)

Komentar