Polkam dan HAM

Bawaslu akan Panggil La Nyalla dan Prabowo Terkait Politik Mahar

Sabtu, 13 January 2018 12:49 WIB Penulis: Micom

ANTARA/Suryanto

BAWASLU akan memanggil La Nyalla Mattalitti dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto terkait dugaan politik mahar yang dilakukan di Pilgub Jawa Timur. Jika terbukti, partai bisa kena sanksi dilarang ikut panggung politik.

Komisioner Bawaslu Rahmat Bagja menjelaskan surat pemanggilan kepada La Nyalla sudah dilayangkan. Lewat bawaslu Jawa Timur, ia akan dikonfrontasi dan dikonfirmasi terkait pernyataannya yang menyebut adanya mahar politik dari pencalonannya sebagai Gubenur Jawa Timur.

"Begitu juga halnya dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Jika dugaan tersebut dinyatakan benar, partai yang bersangkutan bisa dilarang ikut putaran pilkada ataupun pilpres," cetusnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman meminta bawaslu tidak terburu buru untuk memanggil ketua umumnya. Ia menilai ada yang janggal dengan pernyataan La Nyalla karena selalu berubah-ubah dan tidak memiliki bukti.

Politik mahar diatur dalam Undang Undang No 10 Tahun 2016 tentang Pilkada Pasal 47 Ayat 3. Di situ disebutkan, 'Jika partai atau calon terbukti menggunakan politik uang, sanksi diskualifikasi dan larangan mengikuti panggung politik akan dikenakan. (Metro TV/X-12)

Komentar