Sepak Bola

Allardyce Akui Everton sedang Dekati Theo Walcott

Jum'at, 12 January 2018 19:46 WIB Penulis: Antara

AFP PHOTO / Paul ELLIS

MANAJER Everton Sam Allardyce mengatakan pada Jumat (12/1) bahwa klubnya sedang melakukan negosiasi-negosiasi untuk mendatangkan pemain internasional Inggris Theo Walcott dari Arsenal.

Striker 28 tahun itu kesulitan untuk mengamankan tempat di tim inti di Stadion Emirates musim ini dan dilaporkan berniat pindah setelah 12 tahun bermain di klub itu, dengan niat untuk mengamankan posisi di skuat timnas Inggris untuk Piala Dunia mendatang.

"Anda semua menyadari ketertarikan kami terhadap Theo Walcott," kata Allardyce pada konferensi pers menjelang pertandingan Sabtu (13/1) besok di markas Tottenham Hotspur.

"Jika itu semua dapat diselesaikan, yang merupakan hal sulit, maka ia akan menjadi tambahan hebat," sambung Allardyce.

"Sejumlah negosiasi sedang berlangsung. (Kesepakatannya) permanen, saya tidak berpikir ada peluang peminjaman. Kita lihat saja."

Ketika ditanyai apa yang akan dibawa Walcott, yang telah 47 kali membela timnas Inggris, ke Everton, Allardyce berkata, "Ancaman di depan gawang, kecepatan, pengalaman, dan assist-assist yang bagus dari area-area melebar."

Namun. Allardyce, yang timnya telah naik ke peringkat kesembilan di klasemen Liga Primer Inggris, mengingatkan bahwa kesepakatan itu belum terjadi.

"Anda tidak optimistis karena ada begitu banyak hal yang dapat terjadi dalam kurun waktu singkat. Anda tidak pernah gembira sampai seseorang memberikan tanda tangan di garis yang terdiri dari titik-titik," ujarnya.

Manajer Arsenal, Arsene Wenger, juga berkata bahwa negosiasi-negosiasi sedang berlangsung, menambahi bahwa dirinya tidak tahu apakah Walcott akan bertahan.

"Sejujurnya saya tidak dapat memberikan jaminan kepada dia, tetapi kita lihat saja. Kami memiliki hubungan yang baik. Saya tidak ingin ia kehilangan kesempatan untuk mengikuti Piala Dunia."

"Ia datang pada 2006 dan kita sekarang berada di 2018 dan ia tidak berada di sini untuk alasan-alasan yang berbeda," kata Wenger pada konferensi pers menjelang pertandingan Liga Primer melawan Bournemouth pada Minggu (14/1).

Masa depan Walcott kelihatannya bergantung kepada apakah Arsenal dapat menemukan penggantinya. Situasi diperumit oleh penyerang lain Arsenal, Alexis Sanchez, yang juga dikaitkan dengan kepindahan pada bursa transfer di mana media Inggris melaporkan bahwa Manchester City dan United berniat merekrut pemain Chile ini dengan biaya transfer sekitar 35 juta Pound.

Wenger langsung menutup diskusi mengenai ketertarikan mereka pada konferensi pers Jumat. Namun, ketika ditanyai apakah Sanchez tidak tergantikan, ia berkata, "Ia merupakan pemain luar biasa dan jika itu terjadi, kami harus menemukan keseimbangan yang berbeda di tim. Saya tidak dapat mengatakan apa yang tidak saya ketahui kepada Anda."

Arsenal, yang menghuni peringkat keenam klasemen sementara, telah dikait-kaitkan dengan upaya perekrutan gelandang Monaco Thomas Lemar, pemain sayap Paris St Germain (PSG) Julian Draxler, dan penyerang Bordeaux asal Brasil Malcolm.

Ketika ditanyai mengenai Malcolm, Wenger berkata, "Ia merupakan pemain bagus namun tidak ada yang terjadi. Kami tidak memikirkan hal itu saat ini." Demikian Reuters melaporkan. (OL-2)

Komentar