Nusantara

Dana Desa Disalurkan Akhir Januari

Jum'at, 12 January 2018 04:01 WIB Penulis: (AD/PT/N-2).

Ilustrasi--Duta

PEMERINTAH Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, berjanji menyalurkan dana desa pada akhir Januari. Tahun ini, sebanyak 351 desa di daerah itu akan mendapat kucuran dana desa total sebesar Rp325 miliar. “Setiap desa akan mendapat dana Rp800 juta-Rp1,5 miliar. Dalam program yang diajukan, pemerintah desa mencantumkan pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, pembentukan lapang-an kerja, dan padat karya,” ungkap Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Tasikmalaya, Eli Hendalia, kemarin.
Salah satu program unggulan di hampir semua desa ialah pelatihan pengembangan usaha pupuk organik. Petani sudah mendapat latihan membuat pupuk dari bahan kotoran ternak.

“Usaha pupuk organik ini mendapat bantuan dana desa. Kami berharap dalam beberapa tahun ke depan, petani bisa mandiri dalam hal pengadaan pupuk,” lanjut Eli. Di Lembata, Nusa Tenggara Timur, pemerintah kabupaten tengah menyiapkan dokumen sebagai syarat percepatan pencairan dana desa 2018. Ditargetkan, Februari mendatang anggaran dana desa bisa dicairkan untuk 144 desa.

“Sesuai surat dari Kementerian Keuangan, dana desa akan dicairkan dalam tiga tahap untuk mendukung skema padat karya,” kata Kabid Pemerintahan Desa Lembata, Apolonaris Suban. Rafael Ikun, Kepala Desa Dikesare, kecamatan Le-batukan, menyatakan pembangunan infrastruktur di wilayah sudah tuntas. “Tahun ini kami fokus program pemberdayaan dan padat karya.” (AD/PT/N-2).

Komentar