On This Day

1908: Monumen Nasional Grand Canyon Dideklarasikan

Kamis, 11 January 2018 11:00 WIB Penulis: History | BBC | Dok.MI

Wikipedia

PADA 11 Ja­nuari 1908, Presiden AS Theodore Roosevelt mendekla­rasikan Grand Ca­nyon yang ter­letak di sebelah ba­­­rat laut Arizo­na sebagai sebuah monumen nasional. Penduduk asli Amerika hidup di wilayah itu pada abad ke-13.

Namun, baru pada 1540, ada orang Eropa yang pertama kali melihat Grand Canyon. Orang yang beruntung itu ialah anggota ekspedisi yang dipimpin penjelajah Spanyol Francisco Vasquez de Coronado.

Karena lokasi tak terakses dan terpencil, selama beberapa abad, kawasan itu terlewatkan sebelum penduduk Amerika Utara menjelajah jurang tersebut. Pada 1869, ahli geologi John Wesley Powell memimpin sekelompok pria dalam perjalanan pertama menyusuri Sungai Colorado dan jurang sepanjang 277 mil itu menggunakan empat perahu dayung.

Pada akhir abad ke-19, Grand Canyon menarik ribuan turis tiap tahunnya. Salah satu pengunjung terkenalnya ialah Theodore Roosevelt. Setelah menjadi presiden, pada Januari 1908, ia mulai berusaha mewujudkan sebuah monumen nasional Grand Canyon seluas 800 ribu hektare.

Komentar