Otomotif

Kolaborasi Blackberry dan Baidu Percepat Teknologi Berkendara

Kamis, 11 January 2018 09:15 WIB Penulis:

AFP/FRED DUFOUR

BLACKBERRY Limited dan Baidu Inc akan berkolaborasi untuk mempercepat penyebaran teknologi kendaraan yang terhubung dan otonom untuk OEM (original equipment manufacturer) otomotif dan pemasok di seluruh dunia.

Kedua perusahaan telah menandatangani pernyataan untuk membuat sistem operasi (OS) bersertifikasi keamanan Blackberry QNX ISO26262 ASIL-D sebagai dasar bagi platform terbuka mengemudi otonom Apollo milik Baidu.

Blackberry dan Baidu juga bekerja sama untuk mengintegrasikan Baidu's Carlife. Platform tersebut merupakan perangkat lunak integrasi telepon genggam terkemuka untuk mobil yang saling terhubung di Tiongkok, serta sistem kecerdasan buatan (AI), Duer OS, dan peta definisi tinggi untuk dijalankan di Platform Blackberry QNX Car (infotainment).

"Kita memiliki tujuan utuk menyediakan para pembuat mobil dengan arah yang jelas dan cepat untuk memproduksi kendaraan otonom seutuhnya dengan keselamatan dan keamanan sebagai prioritas utama kami," kata Li Zhenyu, General Manager of Intelligent Driving Group Baidu, seperti dikutip dari siaran persnya, kemarin.

Menurut dia, integrasi Blackberry QNX OS dengan platform Apollo akan memungkinkan para produsen untuk melakukan lompatan dari prototipe ke sistem produksi.

"Bersama-sama kami akan bekerja menuju ekosistem teknologi dan komersial untuk mengemudi secara otonom, konektivitas yang cerdas, serta alur lalu lintas dengan sistem yang cedas," janjinya.

Sementara itu, Wakil Presiden Senior dan GM Blackberry Qnx, John Walll, mengatakan penggabungan kekuatan dengan Baidu akan memungkinkan pihaknya untuk menjelajahi peluang untuk beberapa subsistem kendaraan termasuk ADAS,infotainment, gateway, dan cloud service.

"Baidu telah membuat langkah yang luar biasa dalam artificial intelligence dan deep learning. Kemajuan ini jika dipadukan dengan peta berdefinisi tinggi dan perangkat lunak keamanan kritis BlackBerry yang sudah tertanam, ditambah dengan keahlian dalam keamanan, akan menjadi komponen penting untuk kendaraan otonom," ujarnya.

Diumumkan oleh Baidu pada April tahun lalu, Apollo merupakan platform terbuka yang mendukung semua fitur dan fungsi utama dari sebuah kendaraan otonom.

Apollo diklaim telah berhasil menarik lebih dari 70 mitra global, termasuk OEM, pemasok tingkat 1, platform pengembang, dan teknologi start-up. (Gnr/S-2)

Komentar