Otomotif

All New Terios Mulai Diserahterimakan Akhir Januari

Kamis, 11 January 2018 08:45 WIB Penulis: Cri Qanon Ria Dewi

MI/AGUS MULYAWAN

SETELAH diluncurkan 23 November 2017, PT Daihatsu Astra Motor (ADM) rencananya mulai melakukan serah terima All New Terios pada pekan ketiga atau akhir Januari kepada pembeli yang telah memiliki surat pemesanan kendaraan (SPK).

"Sampai dengan bulan Desember (2017) ketika kami belum keluarkan harga, SPK sudah mencapai 1.173 unit secara nasional, itu dengan kondisi belum ada harga," kata Marketing Planning & Sales Operation Support Department Head Astra International Tbk-Daihatsu Head Office, Tri Mulyo, di Sentul, Bogor, kemarin.

ADM baru mengumumkan harga All New Terios pada 3 Januari lalu.

Namun, Tri belum bisa menjelaskan total jumlah SPK Terios terbaru yang telah dikeluarkan ADM setelah sepekan harga diumumkan.

Diperkirakan pemesanan All New Terios akan meningkat setelah pengumuman harga.

Apalagi, harga Terios baru tidak mengalami kenaikan, bahkan pada beberapa varian mengalami penurunan.

Penurunan harga yang paling tinggi terjadi varian tertinggi, yaitu Terios 1.5 R AT Delux yang sebelumnya Rp252 juta, kini menjadi Rp247,9 juta.

"Yang pasti kami tidak akan membuat konsumen menunggu hingga berbulan-bulan."

Tri mengatakan, saat ini pihaknya menetapkan target penjualan 1.500 unit per bulan. Jumlah itu meningkat dari rata-rata penjualan Terios lama yang mencapai 1.000 hingga 1.100 unit per bulan.

Kendaraan tujuh penumpang tersebut memiliki tujuh tipe dengan dua varian besar, yaitu R dan X.

"Kita hanya ada dua varian besar X dan R, tapi masing-masing punya varian manual dan matik, masing-masing punya X Santard dan X Delux, lalu R ada Standard dan Delux. Cuma X Standard tidak punya automatik, cuma Delux yang matik. Yang paling tinggi R Delux dengan harga 247.900.000," kata Tri.

Ia juga mengatakan saat ini ADM baru melakukan pengenalan All New Terios ke beberapa kota, yakni Jakarta, Bali, Makassar, Medan, dan yang akan datang Balikpapan.

"Setelah itu baru secara nasional."

Ia menjelaskan, saat ini ADM telah mendistribusikan kendaraan keluaran terbaru tersebut hampir ke seluruh provinsi.

"Yang paling jauh, sudah sampai Papua," ujarnya.

Harga kompetiter

Terkait dengan harga All New Terios sama bahkan lebih rendah dari Terios lama, Tri mengatakan hal itu tidak lepas dari pertimbangan harga kendaraan sejenis yang dikeluarkan oleh kompetiter.

Kompetiter Terios, antara lain Xpander (Mitsubishi Motors Corporation/MMC) yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp189 jutaan hingga Rp246 jutaan.

Selain itu, produk terbaru Wuling, Cortez yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp220 juta hingga Rp250 jutaan.

Selain itu, Tri mengungkapkan, penetapan harga tersebut karena tim manufaktur melakukan sejumlah efisiensi.

Namun, ia memastikan ada pengurangan margin keuntungan.

All New Terios, katanya, sangat berbeda dengan yang lama karena memiliki spek lebih tinggi yang antara lain dilengkapi fitur-fitur canggih.

Sejumlah fitur canggih tersebut, antara lain rem ABS (Terios lama belum ABS), vehicle stability control, audio 2 DIN touch screen, push start/stop button, around view monitor, emergency stop signal, digital auto AC, dan lainnya.

Perubahan yang nampak pada All New Terios ialah adanya penambahan dimensi panjang 230 mm menjadi 4.435 mm.

Hal itu membuat membuat jarak antara dasbor dan bangku ketiga mencapai 2.525 mm.

Hal itu menjadikan bagian bangku kedua menjadi lebih lapang karena bertambah sebanyak 45 mm menjadi 925 mm.

Selain itu, membuat spasi antara bangku baris kedua dan ketiga masih cukup lapang yang membuat penumpang paling belakang tetap nyaman.

All New Terios juga dibekali mesin generasi terbaru 2NR-VE 1.500 cc yang semakin irit tetapi memiliki performa optimal.

Kendaraan terbaru ADM ini juga mempertahankan sistem penggerak roda belakang yang dianggap paling mumpuni untuk melaju di tanjakan terjal. (S-2)

Komentar