Olahraga

Loeb Pangkas Jarak dengan Peterhansel

Kamis, 11 January 2018 08:00 WIB Penulis:

AFP/FRANCK FIFE

SEBASTIEN Loeb meraih kemenangan pertamanya di ajang Reli Dakar 2018 setelah menjadi yang tercepat di etape keempat di padang pasir San Juan De Marcona, Peru, kemarin.

Pereli Prancis yang membela tim Peugeot tersebut mencetak waktu tercepat dengan 3 jam, 57 menit, 53 detik untuk menyelesaikan balapan sejauh 44 kilometer.

Loeb hanya unggul tipis atas rekan setimnya, Carlos Sainz (Spanyol), yang menempati posisi dua dengan waktu terpaut 1 menit, 35 detik.

Posisi tiga ditempati juara bertahan yang juga membela tim Peugeot Stephane Peterhansel (Prancis) yang finis dengan waktu 4 jam, 1 menit, 9 detik.

"Ini merupakan hasil yang bagus karena harus harus mengatasi etape yang sulit di kawasan berpasir," tegas Loeb.

Menjadi yang tercepat di etape keempat membuat Loeb mampu memangkas jarak dengan Peterhansel yang masih memimpin klasemen kategori mobil.

Dengan total waktu 10 jam, 43 menit, 2 detik, Loeb yang berada di posisi dua kini terpaut 6 menit, 55 detik dari Peterhansel.

Posisi tiga ditempati Sainz dengan waktu 10 jam, 49 menit, 13 detik.

Sementara itu, nasib nahas dialami Andre Villas-Boas yang mencoba peruntungan di reli paling bergengsi di dunia itu.

Mantan pelatih Chelsea dan Tottenham Hotspur yang memperkuat tim Toyota Override tersebut tidak mampu meneruskan lomba akibat cedera punggung setelah mobil yang yang dikemudikannya mengalami kecelakaan menghantam gunungan pasir.

"Dari pemeriksaan tidak ada tulang punggungnya yang patah. Namun, cedera tersebut membuatnya tidak bisa melanjutkan lomba," jelas tim Toyota Override dalam pernyatannya.

Di kelas sepeda motor, nasib sial juga dialami juara bertahan Sam Sunderland.

Pembalap tim KTM yang sebelumnya memimpin klasemen tersebut mengalami cedera punggung setelah mengalami kecelakaan dan tidak bisa melanjutkan lomba.

Pimpinan kategori sepeda motor kini diambil alih pembalap Pancis Andrien van Beveren yang memenangi etepe empat.

Pembalap tim Yamaha itu kini memimpin dengan total waktu 11 jam, 3 menit, 23 detik. (AFP/R-2)

Komentar