Sepak Bola

Atletico Lebarkan Jalan Raih Trofi

Kamis, 11 January 2018 06:46 WIB Penulis: Nurul Fadillah fadillah@mediaindonesia.com

AFP PHOTO / Ian KINGTON

ATLETICO Madrid semakin memperlebar jalur perburuan gelar mereka di ajang Copa del Rey 2018. Skuat Los Rojiblancos memesan tempat di perempat final Piala Raja ­Spanyol tersebut setelah menang 3-0 atas Llieida Esportiu pada laga leg kedua yang berlangsung di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Rabu (10/1). Kemenangan kandang itu membuat pasukan Diego Simeone lolos dengan keunggulan agregat 7-0 setelah di leg pertama juga mengantongi hasil yang positif dengan skor 4-0.
Meskipun menghadapi pasukan kasta ketiga di Spanyol, ­Simeone tampaknya tak ingin meremehkan sang tamu. Pelatih berdarah Argentina tersebut tetap memutuskan menurunkan pemain-pemain andalan seperti Diego Costa dan Fernando Torres. Sayangnya, duet penyerang bintang Los Rojiblancos itu gagal membuka ke-ran gol pada babak pertama.

Simeone memutuskan untuk melakukan rotasi pemain pada babak kedua. Alhasil, tiga gol pun berhasil diciptakan melalui aksi Yannick Carrasco (57’), Kevin Gameiro (74’), dan Vitolo (81’). Nama terakhir mencetak gol pertama untuk Atletico sejak bergabung pada bursa transfer musim lalu. Performa pemain the Atleti julukan Atletico Madrid mendapat pujian dari sang pelatih. Simeone patut berbangga karena selain berjaya di Copa del Rey, Atletico juga menempati posisi dua klasemen sementara La Liga dengan koleksi 39 poin atau berjarak 9 poin dari penguasa klasemen sementara, Barcelona.

“Saya bahagia, dalam waktu enam tahun sejak saya tiba di Atletico saya berada di kompetisi seperti ini. Saya sangat bangga kami memiliki pemain-pemain hebat seperti Gameiro, Costa, Correa, Griezmann, dan Torres,” ujar Simeone. “Saya berharap bisa mengatasi segala kendala sebaik mungkin untuk bisa melakukan apa yang harus kami lakukan untuk tetap menang. Semakin banyak kemenangan, semakin banyak pertandingan yang kami mainkan, itu berarti kian banyak peluang yang kami dapatkan,” tambah mantan gelandang bertahan timnas Argentina itu.

Selain Los Colchoneros, tim kedua yang menapak ke delapan besar ialah Valencia. Kemenangan telak 4-0 atas Las Palmas di Stadion Mestalla, kemarin, membuat El Che lolos dengan keunggulan agregat 5-1 atas sesama klub kasta teratas Spanyol tersebut.
Luciano Vietto menjadi bintang keberhasilan Valencia yang membuat Stadion Mestalla bergemuruh, dengan mencetak trigol pada menit ke-30, 48, dan 66. Satu gol tambahan dilesakkan Nemanja Maksimovic pada menit ke-54.

Partai penentuan
Sementara itu, Barcelona tampaknya akan menurunkan skuat terbaik pada laga leg kedua babak 16 besar Copa Del Rey, dini hari nanti. Hasil imbang 1-1 melawan Celta Vigo pada leg pertama lalu menjadi pelajaran berharga bagi skuat besutan Ernesto Valverde tersebut.
Lionel Messi dkk pun pantang lengah demi mewujudkan ambisi mereka lolos ke perempat final. Barca melanjutkan tren positif, tampil tanpa kekalahan di 26 pertandingan di semua kompetisi.

Sebaliknya, rekor permainan Celta di kandang Barca terbilang penuh nestapa. Setelah menang 1-0 di Stadion Camp Nou pada 2014, tim besutan Juan Carlos Unzue itu telah kebobolan 13 gol dalam tiga kunjungan terakhir mereka. Meski demikian, Celta Vigo mampu mengimbangi permainan Barca dalam enam pertemuan terakhir. Hasil imbang 2-2 melawan Real Madrid di laga La Liga awal pekan ini juga menjadi motivasi bagi Celta Vigo untuk dapat kembali mengimbangi permainan tuan rumah Barca. (ESPN/R-1)

Komentar