Sepak Bola

El Real Butuh Pemacu Semangat

Rabu, 10 January 2018 06:45 WIB Penulis: Nurul Fadillah fadillah@mediaindonesia.com

(AP Photo/Lalo R. Villar)

REAL Madrid butuh mengembalikan kepercayaan diri setelah tertinggal jauh dari Barcelona di klasemen sementara La Liga. Hasil imbang 2-2 pada melawan Celta Vigo, Senin (8/1) lalu, membuat Los Blancos tertinggal 16 poin di belakang sang rival bebuyutan.
Karena itu, tiket perempat final Copa del Rey atau Piala Spanyol akan menjadi pemicu semangat bagi tim besutan Zinedine Zidane tersebut. Mereka akan mencoba mewujudkannya saat menjamu Numancia pada laga leg kedua di Santiago Bernabeu, dini hari nanti.
Pasukan Zidane sudah mengantongi keunggulan agregat sementara 3-0 dari kemenangan di leg pertama yang berlangsung di kandang tim Divisi Dua tersebut, pekan lalu. Madrid menghabisi Numancia tiga gol tanpa balas di Nuevo Estadio Los Pajaritos.

Dengan modal positif yang dimiliki Real Madrid, seharusnya tak sulit untuk mewujudkan ambisi meraih kemenangan. Apalagi kali ini, El Real akan mendapat asupan dukungan penuh dari para suporter Bernabeu. Menilik rekor pertemuan kedua tim sebelum duel perdelapan final, Los Blancos memang lebih diunggulkan dengan tren sapu bersih kemenangan dalam lima pertandingan sejak 2001-2009. Meskipun lebih diunggulkan, Los Blancos sebaiknya tidak meremehkan tim didikan Jagoba Arrasate itu.

Terbukti meskipun meraih tiga gol pada laga leg pertama, Zidane mengaku sempat dipersulit Numancia. Di lima laga terakhir, Numancia juga berhasil mengumpulkan dua kemenangan dan dua hasil imbang di semua kompetisi. Kendati demikian, skuat Zidane diprediksi akan diperkuat pemain lapis dua mereka. Pemain bintang, seperti Sergio Ramos dan Karim Benzema, mungkin akan diistirahatkan akibat cedera. Beberapa pemain inti lain juga mungkin akan disimpan untuk menghadapi Villarreal di laga pekan ke-18 La Liga, akhir pekan nanti.

Namun, ada kemungkinan Zidane kembali memainkan Gareth Bale. Tiga gol di dua laga terakhir menunjukkan kapten timnas Wales itu menuju performa terbaik setelah lama menepi karena cedera. “Ini bagian dari rencana karena dia berhasil mengatasi pertandingan selama 1 jam dan tidak ada masalah,” ungkap Zidane setelah Bale mencetak dua gol saat Real Madrid hanya meraih hasil imbang dengan Celta Vigo di La Liga.

“Kami merasa bahagia dan kami akan terus melanjutkan strategi ini. Saya rasa dia akan bermain lebih dan idenya ialah dia harus melanjutkan permainan,” tegas Zizou, sapaan akrab legenda Prancis itu. Di kubu tim tamu, aliran serang­an bakal terkendala. Mereka dipastikan tidak akan diperkuat gelandang andalan Pape Diamanka yang terkena ganjaran kartu merah pada leg pertama.

Debut tertunda
Philippe Coutinho tampaknya harus menunda laga debut bersama Barcelona hingga Februari mendatang. Setelah menyelesaikan transfer ke Barcelona, eks penyerang Liverpool itu dikabarkan cedera paha kanan yang membuatnya harus rehat tiga pekan.
Kepastian cedera pemain berlabel Rp2,58 triliun itu didapat saat menjalani tes medis, Senin (8/1), sehari setelah berada di Barcelona.

Menurut pernyataan resmi klub Catalonia itu, Coutinho bakal absen di leg kedua Copa del Rey kontra Celta Vigo, Jumat (12/1). Termasuk dua leg perempat final bila skuat the Catalans berhasil melenggang. ‘(Berita Cedera) @Phil_Coutinho mengalami cedera di paha kanan #CoutinhoDay’, tulis FC Barcelona. (Bleacherreport/R-1)

Komentar