Pilkada

Dari Atas Punggung Gajah Menyapa Warga

Selasa, 9 January 2018 06:48 WIB Penulis: Eva Pardiana/X-5

MI/EVA PARDIANA

RIBUAN orang kemarin, sejak pukul 07.00 WIB, telah berkumpul dalam suasana gembira di Jalan Gajah Mada, Bandar Lampung, Lampung. Mereka ialah para pendukung pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Mustafa dan Ahmad Jajuli.

Ada pula tiga gajah bernama Agam, Sartijah, dan Karmela berikut pawang mereka yang didatangkan dari Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur. Jumlah tiga gajah itu menjadi simbol soliditas tiga partai politik pengusung Mustafa-Jajuli, yaitu NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Hanura.

Sambil menunggangi gajah, Mustafa-Jajuli dengan antusias menyapa warga masyarakat di sepanjang jalan dalam perjalanan mereka menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung. Langkah mereka beserta petinggi partai koalisi diiringi parade Nusantara. Salah satunya ialah tari Sekura yang merupakan kebudayaan Lampung pesisir. Ada pula komunitas yang memainkan alat musik angklung serta rombongan yang mewakili beragam suku-budaya Lampung.

Gajah merupakan salah satu hewan langka yang dilindungi dan menjadi ikon Lampung. Di 'Bumi Ruwa Jurai' terdapat pusat konservasi gajah pertama dan tertua di Indonesia yang hingga saat ini masih terpelihara.

Tubuh gajah yang besar menjadi lambang kekuatan yang mendorong pasangan tersebut maju dalam kontestasi pemilihan gubernur. Otak gajah yang besar merupakan simbol kecerdasan serta kaya akan ide-ide besar yang menjadi laku kepemimpinan pasangan muda ini.

"Kami menunggangi gajah bermaksud menyapa semua masyarakat dan menyampaikan bahwa kami ingin menjadi pemimpin yang bisa merangkul semua lapisan masyarakat," ujar Mustafa selepas pendaftaran.

Jajuli menambahkan pihaknya berharap semua pendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur mengedepankan demokrasi yang sehat dan beretika sehingga masyarakat dapat menikmati proses pilgub secara demokratis.

"Saya meminta masyarakat berpartisipasi maskimal untuk memilih calon terbaik mereka. Kami, Mustafa-Aja Kece, siap mewujudkan harapan masyarakat Lampung," ujar Jajuli.

Koordinator Pemenangan Wilayah DPP NasDem Taufik Basari mengatakan, selain mendaftarkan pasangan tersebut ke KPU, pihaknya juga mendaftarkan tim kampanye Koalisi Kece.

"Hari ini kita daftarkan pasangan yang didukung tiga partai dengan jumlah kursi 18 kursi sehingga telah memenuhi syarat. Telah ditetapkan pula juru bicara Koalisi Kece, yaitu Ade Utami Ibnu, Fauzan Sibron, dan Yozi Rizal," ujar Taufik.

Selain perwakilan tiga partai pengusung, pendaftaran Mustafa-Jajuli juga didampingi anggota DPRD provinsi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yaitu Khaidir Bujung dan Midi Ismanto. Menurut Taufik, itu sebagai kekuatan tambahan.(Eva Pardiana/X-5)

#PILKADA

Komentar