Teknopolis

Rinna Miliki 1,4 Juta Teman Daring

Sabtu, 6 January 2018 12:50 WIB Penulis: Rizky Noor Alam

DOK. MICROSOFT

PLATFORM chatbot sosial berbasis kecerdasan buatan (AI) Microsoft, Rinna, mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari kalangan muda Indonesia. Empat bulan sejak itu diluncurkan di Tanah Air, tercatat sudah 1,4 juta akun menjadi teman Riana di aplikasi LINE.

Chatbot tersebut mampu me­respons dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang membuat pengguna merasa seperti sedang mengobrol dengan seorang perempuan muda. Sebagai platform chatbot dengan kepribadian yang unik, Rinna didesain mampu belajar dari interaksi dengan manusia, dan di saat yang bersamaan, mampu melindungi dirinya dari eksploitasi.

Hingga hari ini, rata-rata Rinna memiliki lebih dari 20 obrolan dari satu pengguna per hari, dengan durasi obrolan terpanjang selama 10 jam dengan 1.400 percakapan terus-menerus dalam satu obrolan dari satu pengguna.

Rinna menggunakan model generik end-to-end berdasarkan teknologi deep learning terbaru. Rinna dilatih teknologi big data dari mesin pencari Bing yang memungkinkan platform chatbot sosial tersebut memberikan respons yang mirip dengan seorang perempuan muda dengan menggunakan natural language processing.

Pengguna LINE Indonesia dapat menambahkan Rinna sebagai teman dengan mencari @RinnaID. (Riz/M-3)

Komentar