Eksplorasi

Indra Keenam Manusia Dapat Mengidentifikasi Kesehatan Seseorang

Sabtu, 6 January 2018 11:40 WIB Penulis: Hanif Gusman

ST ANDREWS UNIVERSITY

MANUSIA mampu mengidentifikasi kondisi kesehatan seseorang hanya dengan melirik wajah mereka. Setidaknya itu klaim penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B.

Kemampuan tersebut bisa disebut sebagai indra keenam. Tim peneliti dari Swedia melakukan pengujian dengan mengambil dua set foto dari 16 relawan yang dalam kondisi sehat. Pada foto pertama, mereka diberi suntikan lipopolisakarida, molekul yang memprovokasi respons kekebalan yang kuat pada hewan. Molekul tersebut steril sehingga tidak ada kemungkinan sukarelawan tersebut benar-benar sakit. Setelah 2 jam, mereka difoto kembali, tapi sistem kekebalan tubuh mereka telah dipulihkan.

Pada foto kedua, relawan tidak sadar telah diberi suntikan plasebo, yang membuat mereka sangat sehat. Dua set foto tersebut diperlihatkan kepada 62 peserta lain untuk menguji apakah mereka bisa membedakannya.

Hasilnya, 81% peserta dapat membedakan relawan yang sakit hanya dari melihat fotonya. Hal tersebut dapat terlihat dari kondisi seperti kulit pucat, kelopak mata, bibir pucat, dan mata merah. Kemampuan manusia mengidentifikasi penyakit belum banyak dipelajari sebelumnya. Namun, jika mahir, hal tersebut tentu berguna. (iflscience/Hnf/L-2)

Komentar