Eksplorasi

Kelas Laboratorium Fisika Ternyata tidak Banyak Memberikan Manfaat

Sabtu, 6 January 2018 11:30 WIB Penulis: Hanif Gusman

SHUTTERSTOCK

MEMPELAJARI pengantar ilmu fisika di laboratorium tidak cukup bermanfaat dalam membantu siswa untuk memahami materi pelajaran. Kesimpulan itu dimuat dalam sebuah makalah yang diterbitkan Physics Today beberapa hari lalu.

Hal yang unik ialah penelitian tersebut justru dilakukan dua profesor fisika, yaitu asisten profesor di Cornell University Natasha Holmes dan profesor fisika di Stanford University Carl Wieman yang juga peraih Nobel. Sebagai profesor dan asisten profesor di bidang Fisika, Holmes dan Wieman mungkin terdengar sebagai orang yang cenderung memberikan porsi banyak pada kelas laboratorium tanpa mempertanyakan tujuannya. Namun, setelah menganalisis kursus di tiga institusi, mereka pun sadar akan kesimpulan analisis.

Setelah mengikuti hampir 3.000 siswa di sembilan kelas, Holmes dan Wieman menemukan tidak adanya perbedaan dalam nilai ujian antara siswa yang mengambil kelas laboratorium dan siswa yang tidak mengambil kelas laboratorium. Secara umum mereka menyimpulkan tidak adanya manfaat yang signifikan dari kelas laboratorium.

Kesimpulan tersebut bahkan tetap berlaku ketika nilai pertanyaan matematika berat dikeluarkan dari total nilai untuk mengevaluasi kebutuhan penalaran siswa yang seharusnya didukung kelas laboratorium. (iflscience/Hnf/L-2)

Komentar