Kesehatan

Bahaya Memberikan Air pada Anak Usia di Bawah 6 Bulan

Kamis, 4 January 2018 13:38 WIB Penulis: MTVN

Ilustrasi

MAKANAN yang paling baik untuk bayi berusia di bawah enam bulan adalah Air Susu Ibu (ASI). Pada usia tersebut, sebaiknya bayi tak mengasup apapun dari luar, termasuk air.

Menurut sebuah studi yang dipublikasi oleh NHS Greater Glasgow and Clyde, ASI memiliki banyak kandungan air dengan tingkat konsentrasi elektrosit yang rendah. Artinya, ASI cukup untuk menghidrasi bayi pada enam bulan pertama.

Namun, beberapa orang tua terkadang tak menyadari bahaya nyata dari memberikan air pada bayi mereka.

Danielle Stringer, dokter anak yang dikenal dengan melalui situs KidNurse, menekankan alasan mengapa orang tua tak perlu memberikan minum air pada anak di usia sedini tersebut.

"Bayi tidak butuh air seperti orang dewasa membutuhkannya. Faktanya, bayi sebaiknya tidak diberikan air hingga berusia enam bulan karena ASI sudah mengandung 88 persen air. ASI memiliki semua formula yang dibutuhkan bayi!" tegasnya.

Jika bayi terlalu banyak air, maka ia bisa keracunan air dan dapat berujung pada kematian.

"Keracunan air adalah proses dimana bayi diberi terlalu banyak air yang dapat menyebabkan pelebaran natrium (garam) dalam tubuh," tulis Stringer.

Tubuh mereka akan mencoba mengimbangi secara berlebihan dengan membiarkan sel-sel menyerap lebih banyak air. Akibatnya, terjadi pembengkakan di seluruh tubuh, termasuk di otak, yang dapat menyebabkan kejang, koma atau kematian otak.

Stringer juga memberikan beberapa saran untuk mengoptimalkan kesehatan bayi mereka melalui situsnya. Beberapa di antaranya adalah saling berbagi informasi dengan orang tua lain, menimbang berat badan bayi dengan teratur, percaya diri dalam menyusui, mengikuti instruksi dengan baik dan tidak memberikan air hingga bayi berusia enam bulan.

Setelah enam bulan, bayi sebaiknya diberikan sekitar 60 ml air dalam sehari hingga berusia 2 tahun. Namun, pastikan setiap orang tua mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter anak. (OL-8)

Komentar