Teknopolis

Pergantian Tahun, WhatsApp Tumbang

Senin, 1 January 2018 16:30 WIB Penulis: Cahyandaru Kuncorojati

AP Photo/Patrick Sison

INDONESIA termasuk dalam beberapa negara yang merasakan tumbangnya aplikasi WhatsApp dua bulan lalu.

Hal ini kembali terulang lagi pada malam pergantian tahun dari 2017 ke 2018 yang kita rayakan semalam. Beruntungnya, hal tersebut terjadi saat Indonesia sudah merayakan terlebih dahulu perayaan tahun baru.

Dilaporkan Independent UK, India menjadi negara yang paling merasakan tumbangnya WhatsApp. Hal tersebut terjadi persis beberapa menit sebelum perayaan tahun baru.

Artinya, beberapa negara di bagian timur India telah lebih dulu merayakan pergantian tahun. Negara di kawasan Eropa termasuk Inggris justru yang paling merasakan dampaknya.

Bagi mereka yang mengalami gangguan jelang pergantian tahun, mungkin tidak akan menyadari WhatsApp tumbang dan sekadar beranggapan layanan tersebut sedang kelebihan beban atau sinyal internet memang sedang jelek. Kondisi yang lumrah ketika dunia mengalami sebuah acara perayaan besar.

Dari situs downdetector.co.uk, WhatsApp tumbang pada pukul 19.42 waktu Inggris. Berdasarkan peta yang dipublikasikan situs tersebut menampilkan kawasan Eropa yang paling banyak melaporkan keluhan tentang gangguan layanan WhatsApp yang dialami.

Dikabarkan bahwa tumbangnya layanan WhatsApp memakan waktu hampir 1 jam. Situs downdetector.co.uk sendiri menampilkan jumlah laporan keluhan terkait aplikasi WhatsApp yang cukup banyak dari beragam media sosial. Sayangnya, WhatsApp tidak memiliki sebuah situs dan pemberitahuan apabila layanannya tumbang. Dilaporkan beberapa jam lalu layanan WhatsApp sudah kembali normal, tapi pihak WhatsApp tidak menjelaskan penyebab layanannya tumbang. (mtvn/OL-8)

Komentar