Kuliner

Merayakan Jayanya Menu Nusantara

Ahad, 31 December 2017 00:01 WIB Penulis: Vicky

MI/VICKY GUSTIAWAN

TASTE, di lantai dua Ibis Hotel Gading Serpong, Tangerang, Banten, punya promo jelang pergantian tahun, marimencicipinya. Tradisi dapur Nusantara jadi tema utama, memvalidasi kebanggaan pada kekayaan alam dan keterampilan memasak sajian lokal dan memamerkannya pada ekspatriat. Tamu hotel dalam kelompok Accor ini memang didominasi warga asing.

Koki Asep Suhaeri mengeluarkan jurus utamanya dalam mengolah soto betawi, nasi goreng, sup buntut, aneka masakan laut, hingga aneka pilihan minuman dalam menu promo yang ditawarkan hingga 31 Desember mendatang. “Semua autentik Indonesia,” terang Asep kepada Media Indonesia, Minggu (24/12).

Autentik nusantara
Soto betawi kreasi Asep dan tim, menggunakan daging sapi pilihan dengan tekstur lembut nan gurih dengan intervensi aneka rempah. Pembeda lainnya, campuran minyak nabati bermerek Samin nan legendaris yang wujud dan warnanya menyerupai mentega. Sentuhan akhir minyak ini, menjadi aksen utama pada kuahnya yang sedap. Untuk kondimen, ada potongan tomat, emping, kentang, serta daun bawang yang ditaburkan dalam kuah soto. “Nah, sebelum menyantapnya, bisa ditambahkan kecap, sambal, dan perasan jeruk nipis, sehingga kesegaran soto ini semakin terasa,” jelas Asep.

Tak kalah istimewa, Nasi Goreng Nusantara yang juga punya rasa dan wujud berbeda. Nasi goreng disajikan dengan kondimen sate serta acar timun dan wortel di atas lembaran daun selada. Penambahan telur mata sapi dan paha ayam membuat nasi goreng ini juga seru buat disantap beramai-ramai. “Nah biar semakin lengkap, santap nasi goreng ini dengan kerupuk udang. Soto betawi dan nasi goreng ini merupakan menu yang paling laku sepanjang promo,” ungkap Asep. Pada sajian sup buntut, Taste menyajikannya auntentik dengan kuah nan panas! Taste menggunakan daging sapi pilihan yang direbus hingga enam jam.

Dalam kuah, Asep mengombinasikannya dengan potongan wortel dan taburan daun seledri. Wangi dan sensasi pala membuat kuahnya tampil maksimal. “Sup disajikan dengan emping, nasi, sambal, kecap manis, dan sepotong jerik nipis. Dalam kuahnya, ada bumbu dan rempah istimewa yang kami olah,” sebut Asep. Pada jajaran menu masakan laut, ada sapo tofu seafood yang memadukan udang yang telah diolah menjadi bakso dan tampil dipadukan dengan aneka daging sapi dan brokoli. “Untuk yang ini, memang kita buat tidak ribet dan mengedepankan rasanya yang enak. Menu ini juga salah satu yang paling banyak dipesan tamu,” kata Asep.

Minuman bercita rasa martabak
Seusai bersantap, mari menjelajahi rasa aneka minuman, mulai Berry Breeze, Martabak Cheese Shake, Dinosaurus, hingga Virgin Sunrise. Namanya saja yang agak asing, tapi sebenarnya semua bahan baku lokal.

Cluster FB Manager Ibis Gading Serpong Ardhu Dzakaras menjanjikan, pada 2018, jajaran menu dan aneka promo akan dikreasikan tak kalah istimewa. “Di malam perayaan pergantian tahun ini, kami akan melakukan showing masakan-masakan Nusantara lainnya sebagai tanda penutup dan berakhirnya promo kuliner Nusantara. Kami merayakan antusiasme tamu karena rasanya nan sedap namun harganya terjangkau!” kata Ardhu. (M-1)

Komentar