Otomotif

Uji BMW X1 Menuju Tebing Breksi

Kamis, 28 December 2017 11:30 WIB Penulis:

MI/CHADIE

BMW X1 di Indonesia sejatinya tergolong minisport utility vehicle (mini-SUV), tapi perusahaan asal Jerman itu menyebutnya sebagai sport activity vehicle (SAV).

Sebutan ini tidak salah karena karakternya memang pas untuk individu yang memiliki aktivitas tinggi.

Karena masuk kategori SUV, kami berniat menguji X1 dengan mengunjungi kawasan wisata Tebing Breksi, Yogyakarta.

Selain panorama indah yang menarik mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengunjungi situs ini pada pertengahan 2017, kondisi medannya pun pas untuk menjajal kemampuan SUV kompak itu.

Ya, ketimbang generasi sebelumnya, sosok X1 terlihat seperti X3 berukuran lebih kompak.

Meski berstatus kompak, bukan berarti X1 sempit.

Untuk urusan keleluasaan kabin, X1 layak mendapat acungan jempol.

Bahkan banyak sisa ruang bagi penumpang belakang untuk meluruskan kaki berkat posisi bangku yang bisa dimundurkan sejauh 150 mm ke belakang.

Bangku baris kedua itu bisa dilipat secara elektris untuk menambah kapasitas bagasi saat membawa barang berukuran panjang.

Ruang bagasi juga semakin berlimpah berkat hilangnya ban cadangan sebagai dampak dari penggunaan ban jenis RFT (run flat tire).

Ban bocor? Tidak usah khawatir karena ban itu tetap bisa digunakan ketika kehilangan tekanan udara sama sekali untuk memberikan kesempatan pemiliknya mencari bengkel terdekat.

BMW juga memberikan perlindungan asuransi selama tiga tahun bila ban ini mengalami kerusakan.

Meskipun berstatus SUV 'termurah' di jajaran BMW, X1 181 Sdrive berbanderol harga off the road Rp619 juta tetap memiliki aura kemewahan berkat interiornya yang dilapisi kulit black dakota dengan jahitan benang merah dipadu ornamen black piano.

Bangku bagian depan berdesain sporty dilengkapi tombol pengaturan naik-turun plus maju-mundur secara elektrik sekaligus kemiringan bagian sandarannya.

Di bagian sandarannya terdapat sayap yang menopang punggung. Sayap itu bisa disetel secara elektrik untuk menyesuaikan ukuran tubuh pengendara.

Ujian terberat ketika kami memaksa X1 Sdrive melintasi jalur alternatif menuju kawasan Tebing Breksi dari kawasan Kerten, Klaten, Jawa Tengah.

Kondisi medannya berupa jalan aspal kasar melewati perbukitan.

Selain sempit, ruas jalan dihiasi turunan dan tanjakan terjal, lengkap dengan tikungan-tikungan patah yang memacu adrenalin dalam darah.

Untuk mencegah selip, kami geser ke mode pengendaraan eco pro dan perlahan tanjakan demi tanjakan kami lalui.

Bahkan suara mesin tidak terdengar terbebani oleh tanjakan yang begitu ekstrem, membuat keraguan kami sirna.

Setelah melewati kawasan Candi Ijo, akhirnya kami tiba di kawasan Tebing Breksi. (Cdx/S-4)

Komentar