Nusantara

Natal-Tahun Baru di Kota Bandung Dijaga 2.100 Petugas

Jum'at, 22 December 2017 11:41 WIB Penulis: Bayu Anggoro

ANTARA

SEBANYAK 2.100 petugas gabungan mulai dikerahkan jelang perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Kota Bandung. Mereka terdiri dari 400 personel TNI, 1.100 dari Polresta Bandung, 300 personel dari Polda Jawa Barat, dan 110 petugas sipil.

Kepala Kepolisian Resor Kota Bandung Kombes Hendro Pandowo mengatakan para petugas tersebut akan disebar ke seluruh wilayah Kota Bandung. Kehadiran para abdi negara itu untuk memastikan keamanan dan ketenteraman di Ibu Kota provinsi Jawa Barat tersebut.

"Seluruh personel itu untuk segala mengatasi segala potensi ancaman. Tindak pidana, terorisme, sabotase," kata Hendro seusai menggelar apel pasukan, di Bandung, Jumat (22/12).

Selain fokus pada sejumlah objek terkait perayaan Natal, pihaknya pun mengantisipasi kemacetan di sejumlah lokasi yang diprediksi diserbu pengunjung. Kawasan Soekarno-Hatta, Sukajadi, dan akses menuju Lembang, Kabupaten Bandung Barat menjadi titik-titik yang diprediksi akan terjadi antrean kendaraan.

"Kami menyediakan 30 pospam. Masing-masing polsek mendirikan pos," katanya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) memastikan situasi di wilayahnya kondusif. Ia meminta masyarakat baik yang akan merayakan Natal maupun untuk berlibur tidak perlu khawatir dengan ancaman-ancaman yang ada.

Dia optimistis seluruh gabungan petugas tersebut mampu menjaga keamanan dan ketentraman di Kota Bandung. "Semoga berjalan baik dan lancar sehingga dapat nyata memberikan pelayanan ke masyarakat," katanya.

Meski begitu, Emil meminta semua pihak tetap waspada dan mau aktif melaporkan setiap adanya potensi ancaman yang dirasa. "Jangan menyepelekan, tapi jangan bertindak sendiri. Laporkan ke negara," tegasnya.

Terlebih, Emil menyebut Kota Bandung akan diserbu wisatawan pada momentum libur panjang ini. "Akan terjadi mobilisasi. Ada konsentrasi massa di tempat wisata, bandara, terminal, dan lainnya," ungkapnya. (X-12)

Komentar