Megapolitan

Satgas Sidak Pasar Harga Pangan Stabil

Rabu, 20 December 2017 10:50 WIB Penulis:

ANTARA

BAHAN kebutuhan pokok di Jabodetabek mencukupi tetapi ada pihak yang coba-coba menaikkan harga. Hal itu terungkap dari sidak yang dilakukan Tim Satuan Tugas Pangan di Bogor, kemarin.

Satgas Pangan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor, kepolisian, TNI, kejaksaan, serta Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi, melakukan operasi pengecekan harga dan ketersediaan pangan di pasar. Selain bahan kebutuhan pokok, juga dicek ketersedian gas elpiji ke sejumlah agen.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor Dace Supriadi mengatakan secara keseluruhan harga bahan kebutuhan pokok stabil. “Memang ada kenaikan tapi tidak melebihi 5%, yakni cabai,” kata dia.

Kendati demikian, pihaknya emmandang tidak perlu menggelar operasi pasar. “Suplay cukup. Ini hanya kebiasaan pedagang menjelang hari besar. Jadi masih wajar,” imbuhnya.

Kapolres Bogor Ajun Komisaris Besar Andi M Dicky Pastika Gading juga menyatakan belum menemukan aksi penimbunan bahan pokok. “Kalau terjadi penimbunan akan dikenakan Undang-Undang Perdagangan. Harga stabil. Harga bawang putih dan gula malah turun,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Peternakan DKI Jakarta Darjamuni menyatakan ada upaya pedagang mencari untung lebih. Dia mencontohkan Pasar Senen, harga komoditas cabai sempat Rp42 ribu per kilogram. Padahal, di Pasar Induk Kramat Jati hanya berkisar Rp26 ribu per kilogram.

Ia menuturkan, Sekretaris Daerah DKI Saefullah mengusulkan untuk menetapkan harga eceran tertinggi untuk komoditas cabai. Jika harga pangan bergejolak, Pemprov DKI melalui PD Pasar Jaya siap menggelar operasi pasar karena stok tersedia.

Hal serupa ditemui di enam pasar rakyat Kota Depok. Harga stabil kecuali cabai rawit merah naik dari harga normal Rp28 ribu menjadi Rp34 ribu per kilogram, dan harga cabai rawit hijau naik dari harga normal Rp24 ribu menjadi Rp28 ribu per kilogram.

Jamin Napitupulu, 38, pedagang sayuran di Pasar Rakyat Cisalak menyatakan secara keseluruhan harga kebutuhan bahan pokok stabil kecuali cabai. Kenaikan harga cabai karena barang dari distributor mengalami kenaikan.

“Harga cabai di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, memang naik. Kita belum tahu mendekati Natal dan Tahun Baru nanti apakah harga kebutuhan pokok tetap normal, naik, atau bahkan turun,” jelas Jamin. (DD/Ssr/Nic/KG/J-2)

Komentar