Kuliner

Makan Enak, Bonus Pemandangan Ibu Kota

Ahad, 17 December 2017 01:00 WIB Penulis: M TAUFAN SP BUSTAN m.taufan@mediaindonesia.com

MI/M TAUFAN SP BUSTAN

PATUNG monumen selamat datang di tengah Bundaran Hotel Indonesia (HI) terlihat jelas dan menjadi pemandangan menakjubkan, dari ketinggian lantai 46 The Plaza Offi ce Tower, Jalan Thamrin Jakarta Pusat. Dari ketinggian itu pula, terlihat susunan rapi gedung tinggi, padatnya arus lalu lintas, serta pelbagai aktivitas masyarakat. Pemandangan jantung Ibu Kota itu bisa dinikmati dari Restoran Altitude Grill, di lantai 46. Keistimewaan restoran berkonsep rumah steik modern itu ialah memiliki pilihan menu beragam, harga terjangkau, dan memanjakan tamu yang datang untuk bersantai sambil memandang gedung-gedung pencakar langit.

Atmosfer di Altitude Grill terasa nyaman dengan interior romantis terlebih jika menjelang malam, cahaya lampu-lampu menambah daya tarik isi ruangan. “Selain mengandalkan pilihan menu, kami memang menawarkan sensasi pemandangan ibu kota yang menakjubkan. Itulah salah satu kelebihan restoran kami,” ujar Public Relation dan Marketing Team Altitude Grill, Astrid Suryatenggara, Senin (11/12). Pecinta kuliner berbahan daging boleh berkunjung dan mencicipi aneka menu yang ditawarkan. Dimulai dari hidangan pembuka, grilled watermelon salad (salad semangka panggang) yang dibanderol dengan harga Rp120 ribu per porsi. Watermelon ala Altitude memiliki sensasi saat dikunyah.

Begitu menyentuh lidah akan terasa kenyal dan langsung melumer dengan rasa agak asin. Kemudian sepintas terlihat seperti susunan daging ikan tuna berwarna merah yang diiris kotak dan disajikan di atas piring cantik. Sajian satu ini cukup nikmat saat dimakan, pasalnya di dalam watermelon terdapat feta cheese (keju feta) dengan paduan aragula, sejenis sayuran dari Timur Tengah. Menurut Executive Chef Altitude Grill, Gary, cara membuat grilled watermelon salad di-marinated (diasinkan) dulu dengan balsamik vinegar (cuka balsamik) yang sudah berumur 25 tahun kemudian grill (dipanggang). “Menu ini cukup tepat sebagai hidangan pembuka dan most booked (paling banyak dipesan),” terang Gary.

Menu unggulan
Setelah hidangan pembuka ini, pengunjung diberi kebebasan untuk memilih menu lain. Namun, yang patut Anda coba ialah tripple cooked wagyu ox tongue yang dihargai hanya Rp180 ribu per porsi. Menu lidah sapi wagyu tersebut bisa dibilang unik, dipotong tipis-tipis, dan teksturnya sangat lembut, berair. Ketika masuk di mulut begitu mudah dikunyah. Yang menambah lebih enak karena ada saus bumbu kemiri dipadu bawang merah. “Wagyu ox tongue tidak banyak menggunakan bumbu rempah. Lidahnya yang dipotong tipis cukup diasinkan lalu dimasak hingga tiga kali lalu dipanggang sehingga ketika dimakan lembut terus dicampur dengan creameel hazelnut dukkah (kemiri) yang menjadi saus, caramelised, dan red onion (bawang merah). Menambah kenikmatan juga dengan perasan jeruk nipis,” jelas chef asal Singapura itu.

Selain itu, menu paling laris lain ialah sher MBS 8/9 wagyu picanha. Ditawarkan dengan harga Rp250 ribu per porsi. Menu satu itu steik daging sapi wagyu. Dipanggang dengan tingkat kematangan well done (matang) dan bobot 200 gram, pastinya cukup mengenyangkan Anda yang hobi dengan steik. Steik satu itu nikmat disantap dengan campuran saus khusus altitude grill. Ketika masuk di mulut, tidak terasa amis. Teksturnya pun lembut dan pastinya tidak susah untuk dikunyah. “Untuk sausnya ada peached with beef stock yang dimasak hingga empat jam.

Terus ada sous vide yang damask 24 jam, dan terakhir grill. Dari tiga saus itu ada perpaduan bumbu dan rempah khusus sehingga ketika dipadukan dengan steik sangat nikmat disantap,” tambah Gary. Menu lain yang ditawarkan Altitude Grill, seperti scallop fi lled squid ring, apple mango prawn cocktail (minuman), oven baked salted egg hollandaise black cod, bistecca ala altitudine, picanha, Seidel flower smash (minuman), dan lainnya. Sementara itu, ada paket dessert yang juga bisa dipesan sebagai tambahan. Untuk harga cukup terjangkau, Rp150 ribu sudah termasuk kopi dan teh. Untuk makanan penutup, pengunjung bisa memilih cake, gelato, chocolate fondue, cupcakes, dan lainnya. Semuanya enak, terutama kue pie yang atasnya ada campuran buah segar. Silahkan berkunjung ke Altitude Grill dan nikmati cirarasa menu serta suasananya. (X-7)

Komentar