Nusantara

Partai yang Gugur sebelum Bertempur

Kamis, 14 December 2017 08:09 WIB Penulis: MI

MI/Susanto

HASIL verifikasi partai politik di daerah tidak menyenangkan semua partai. Dari 14 partai yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Banyumas, Jawa Tengah, setelah dilakukan penelitian administrasi, tiga partai tidak memenuhi syarat minimal 1.000 anggota.

Ketiga partai itu ialah Hanura, Partai Solidaritas Indonesia, dan Partai Berkarya. “Sebanyak 11 partai lain telah lolos penelitian administrasi keanggotaan,” ujar Ketua KPU Banyumas Unggul Warsiadi, kemarin.

Meski tidak lolos di Banyumas, ketiganya tidak langsung gugur untuk mengikuti pemilu di daerah itu. “Mereka dapat memenuhi persyaratan secara nasional, yakni memenuhi persyaratan 75% kepengurusan beserta keanggotaan dari jumlah kabupaten di sebuah provinsi.”

Hasil buruk juga merundung Partai Hanura dan Partai Berkarya di Kota Yogyakarta. Mereka tidak mampu memenuhi syarat minimal jumlah anggota yang harus didaftarkan.

“Setelah diberi waktu melakukan perbaikan, kedua partai tidak mampu memenuhi syarat minimal jumlah keanggotaan, yakni 410 orang,” kata Ketua KPU Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto.

Partai Hanura dan Partai Berkarya merupakan dua dari empat partai politik yang harus melakukan perbaikan berkas pendaftaran keanggotaan.

Dua partai lain, yaitu Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan, dapat memenuhi syarat minimal jumlah keanggotaan.

Dengan hasil tersebut, di KPU Kota Yogyakarta sudah ada 11 partai politik yang memenuhi syarat keanggotaan.

Di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, hanya Partai Garuda yang tidak mampu memenuhi syarat minimal jumlah anggota. “Sesuai dengan aturan peserta pemilu di Kudus harus didukung 832 anggota. Hanya Partai Garuda dari 14 partai peserta pemilu yang tidak mampu memenuhinya,” papar Ketua KPU Kudus Mochammad Khanafi.

Sebelumnya, selain Partai Ga­ruda, PKB, PAN, Partai Demokrat, PSI, dan Hanura sempat tidak bisa memenuhi persyaratan itu. Namun, setelah diberi kesempatan melakukan perbaikan, mereka bisa melakukannya.

Nasib baik berpihak para semua partai yang akan berkontestansi di Temanggung, Jawa Tengah. KPU menyatakan semua partai lolos verifikasi jumlah anggota, setelah sejumlah partai memanfaatkan waktu untuk melakukan perbaikan.

Yang terakhir, tiga partai, yakni Garuda, Demokrat, dan PSI, diputuskan memenuhi syarat jumlah keanggotaan. “Hasil verifikasi perbaikan syarat administrasi itu sudah kami serahkan ke parpol,” ungkap anggota KPU Temanggung Yami Blumut. (LD/AU/AS/TS/N-2)

Komentar