Properti

Ingin Bersih-Bersih Rumah Bisa Pesan Online

Kamis, 7 December 2017 10:21 WIB Penulis:

Ist

SEPERTI Hari Raya Lebaran, sepekan sebelum dan sesudah momen libur panjang Natal dan Tahun Baru umumnya dimanfaatkan sebagian orang untuk menata dan merapikan kembali rumah mereka. Kendati hanya bersih-bersih, tidak semua pemilik rumah mau melakukannya sendiri. Apalagi, bagi kaum perkotaan yang hidupnya serbapraktis, selalu mengandalkan jasa pesan antar (pick up services) sehingga membuat mereka malas bergerak.

Karena itu, perlu untuk mengetahui berbagai alternatif lain yang bisa dipilih untuk menjaga kebersihan rumah saat tidak memiliki Asisten Rumah Tangga (ART). Salah satunya pesan jasa bersih-bersih rumah melalui online. Tak hanya menawarkan bantuan tenaga, bahkan aplikasi pun sekarang juga menyediakan alat berikut cairan pembersihnya. KliknClean, misalnya.

Direktur PT Jasa Cepat Indonesia, penyedia jasa pembersihan KliknClean, Hendra Tjong, mengatakan, layanan ini muncul untuk menjawab tren saat ini yang mana orang semakin sibuk dan tak mau repot untuk sekadar membersihkan rumah.

"Pertumbuhan masyarakat kelas menengah atas di Indonesia dengan pengeluaran rumah tangga di atas Rp5 juta per bulan sangat signifikan, bahkan diprediksi tembus 23 juta orang hingga 2020. Mereka rata-rata kaum urban dengan aktivitas begitu padat sehingga kegiatan beres-beres rumah bukan perkerjaan yang mudah bagi mereka. Karena itu, kami muncul karena potensi pasarnya bagus sekali," ujarnya lewat keterangannya di Jakarta, Kamis (7/12).

Selain itu, kian tingginya tarif ART dan pembantu infal yaitu pembantu yang bekerja musiman antara satu hingga dua pekan, membuat pemilik rumah mulai beralih ke jasa bersih-bersih rumah daring.

"Ukuran rumah sekarang makin kompak atau kecil khususnya hunian model apartemen, jadi agak ribet kalau harus menyediakan ART atau pembantu infal karena harus siapkan kamar tidur. Memang ada yang setelah kerja langsung pulang, tapi majikan tetap harus mengeluarkan cost untuk makan ART," terang Hendra.

KliknClean membidik para penghuni apartemen dan rumah menengah atas, termasuk para ekspatriat yang memiliki keperluan jasa bersih-bersih secara lepas. Selain melalui aplikasi, pelanggan bisa memesan beragam jasa pembersihan rumah lewat telepon atau laman KliknClean.

Untuk saat ini, KliknClean menargetkan pengguna jasa ini masih untuk wilayah Jakarta.

"Tahap awal kami fokus menggarap area Jakarta karena potensinya masih sangat besar. Tahun depan baru mulai merambah di kawasan Bodetabek dan Bali," imbuhnya.

Hendra menyebut, jasa yang ditawarkannya lebih kompeten dan profesional karena setiap petugas kebersihan (cleaner) diberikan pelatihan selama lebih dari sepekan sebelum turun ke lapangan. Proses rekruitmen juga cukup ketat, tidak seperti pekerja bersih-bersih rumah yang ditawarkan aplikasi daring lainnya yang cukup menyerahkan data diri sebagai syarat bekerja.

"Bedanya, kami memiliki tenaga profesional yang sudah dibekali dengan hard dan soft skill. Selain paham job desk-nya apa, SDM kami juga memiliki attitude yang baik karena sebelumnya ditatar di pelatihan," terangnya. (RO)

Komentar