Humaniora

Pameran Keamanan Siber Digelar di Jakarta

Rabu, 6 December 2017 18:14 WIB Penulis:

Ist

UNTUK pertama kalinya digelar sebuah event berskala nasional yang menghadirkan semua pemangku kepentingan keamanan dunia digital di Tanah Air, Cyber Security Indonesia, yang berlangsung di Jakarta Convention Center pada 6-7 Desember 2017. Dalam kegiatan teknologi informasi (IT) bergengsi ini, ESET hadir sebagai platinum sponsor.

Pameran ini dibuka Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara sekaligus menjadi narasumber yang menyajikan topik 'Building Trusted Information Security Management'. Topik ini menjadi penting mengingat keamanan data saat ini bukan hanya berada pada sisi end-point dan server saja. Kejahatan siber yang semakin canggih harus diimbangi dengan berbagai solusi yang komprehensif.

Di acara ini, ESET meluncurkan ESET enterprise solutions, sebuah solusi yang mengedepankan proteksi menyeluruh dari end-point hingga komunikasi data, saat data masih ada di komputer sampai saat data dikirim ke tempat lain.

Indonesia memang sedang mencari bentuk keamanan data seiring dengan General Data Protection Regulation (GDPR) yang sudah dicanangkan di Eropa akan diimplementasikan menyeluruh pada Mei 2018. Indonesia juga mengedepankan isu proteksi data pribadi.

Regulasi yang dikeluarkan Menkominfo Nomor 20 Tahun 2016 merupakan salah satu tindakan nyata keseriusan Pemerintah untuk mengamankan data pribadi warga negaranya. Sebagai negara dengan kekuatan ekonomi cukup besar di dunia, selama beberapa tahun belakangan Indonesia terus menjadi pusat serangan siber dunia.

Menurut data Kemenkominfo yang didukung Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, hampir setiap hari Indonesia menerima 1.225 juta serangan siber, menjadi sinyal kuat bagi masyarakat digital di Tanah Air untuk bergerak mengatasi permasalahan ini bersama.

PT Prosperita dan ESET APAC, perusahaan yang memfokuskan bisnisnya pada keamanan IT, memiliki kepedulian yang sama atas keamanan digital nasional.

"Indonesia merupakan pasar yang menarik bagi kami. Negara ini berpotensi menjadi pemain ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020 dan cyber security memainkan peran penting dalam mencapai tujuan tersebut. Untuk itu, sangatlah penting bagi setiap institusi bisnis dan konsumen menerapkan solusi cyber security yang komprehensif agar tetap aman dalam lanskap digital yang selalu berubah," ungkap Parvinder Walia, Sales and Marketing Director ESET APAC, usai pembukaan pameran, Rabu (6/12).

Senada dengan Parvinder, Marketing Director PT Prosperita–ESET Indonesia, Chrissie Maryanto, menambahkan, dengan menjadi penyokong terdepan perhelatan nasional ini, pihaknya berharap Pemerintah dan pebisnis di Indonesia bisa melihat ESET lebih dari sekadar solusi pada end-point.

"Karena pada event ini kami menghadirkan ESET enterprise solutions dan managed security services. Solusi dan layanan ini dipercaya akan sangat membantu pemerintah dan perusahaan skala enterprise," tukasnya. (RO)

Komentar