Humaniora

Monyet Person of the Year

Kamis, 7 December 2017 07:23 WIB Penulis: AFP/Bas/H-5

PETA

SEEKOR monyet asal Sulawesi, Indonesia, yang menjadi ternama di seluruh dunia setelah berswafoto sembari tersenyum, ditetapkan sebagai Person of the Year oleh sebuah lembaga pembela hak binatang.

Hal itu juga karena berujung pada kasus hak cipta di Amerika Serikat (AS).

Pada 2011, monyet dari spesies Macaca nigra itu memencet tombol saat menatap lensa kamera milik fotografer alam asal Inggris David Slater yang tengah bekerja di Sulawesi. Foto itu cepat menjadi viral.

The People for the Ethical Treatment of Animals (PETA), kemarin, mengatakan bahwa mereka memberi penghormatan untuk Naruto, monyet hitam itu sebagai bentuk pengakuan bahwa 'dia ialah seseorang, bukan sesuatu'.

PETA mengajukan tuntutan dengan mengklaim bahwa Naruto, kala itu berusia 6 tahun, harus ditetapkan sebagai pembuat dan pemilik foto tersebut.

"Swafoto bersejarah Naruto menantang ide mengenai siapa yang bisa disebut orang dan siapa yang tidak. Hal itu berujung pada tuntutan pertama di dunia terkait binatang nonmanusia sebagai pemilik sebuah benda dan tidak dinyatakan sebagai benda," ujar pendiri PETA Ingrid Newkirk dalam sebuah keterangan resmi.

Kasus itu memancing perdebatan internasional di antara para pakar hukum mengenai keberadaan binatang dan apakah mereka bisa dipandang memiliki sebuah benda.

Sementara itu, Slater berkeras bahwa dirinya ialah pemilik hak foto itu karena dia ialah orang yang bertanggung jawab atas terciptanya foto itu, memasang tripod, meninggalkannya selama beberapa menit, sebelum monyet itu kemudian memencet tombol kamera itu.

Slater memenangi sidang pertama di California, tetapi PETA ajukan banding. Kasus itu akhirnya berakhir pada September lalu, sebelum pengadilan mengambil keputusan.

Ia memutuskan berdamai dengan menyepakati untuk menyumbangkan 25% dari pendapatan di masa depan yang didapatkan dari pengunaan foto swafoto monyet itu.

Uang itu akan digunakan untuk melindungi habitat tempat Naruto tinggal.

Komentar