Gaya Urban

Memperkenalkan ke Publik Indonesia

Ahad, 3 December 2017 04:45 WIB Penulis: Rio/M-3

DOK.JAKARTA BANTENG RUGBY CLUB

PERKEMBANGAN olahraga rugbi bagi publik lokal di Jakarta, salah satunya, adalah buah dari peran Deddie Sionader. Bermain rugbi sejak usia 12 tahun saat bersekolah di Malaysia, Deddie berhasil masuk klub amatir di negara yang sama empat tahun kemudian.
Kecintaan pada rugbi itu ia bawa hingga dewasa. "Bagi saya, rugbi merupakan olahraga gentleman yang sangat menjunjung tinggi sportivitas dan respect dengan lawan tanding," tuturnya.

Tinggal di Indonesia, Deddie pun ingin berbagi kegemarannya dengan cara mendirikan Jakarta Banteng Rugby Club. "Lima tahun lalu, jumlah anggota di klub ini hanya ada sekitar 30 orang. Namun, saat ini, jumlahnya sudah hampir mencapai 80 orang," tambah pria yang menjabat ketua itu. Di antara anggota klubnya, Deddie menjelaskan warga Indonesia sudah mencapai 70%. Selain itu, anggotanya merupakan warga negara Jepang, Selandia Baru, Australia, dan Inggris.

Dengan semakin banyaknya anggota, ia pun bisa membentuk tim yang solid dan mengikuti kejuaraan di luar negeri. "Bahkan tahun lalu kita sudah bisa kirim tim nasional ke kejuaraan di India," tambahnya.

Deddie mengaku senang kini rugbi semakin dikenal. Hal ini terlihat dari dimasukkannya rugbi sebagai kegiatan kampus maupun sekolah. Deddie juga menambahkan Jakarta Banteng Rugby Club saat ini sudah ditugasi pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraha untuk menjadi wadah pengembangan pemain-pemain amatir.

Komentar