Otomotif

Ketika Asuransi pun Bisa Dibeli Daring

Ahad, 26 November 2017 11:20 WIB Penulis: Iis Zatnika

ANTARA/Fanny Octavianus

BELANJA daring, tak cuma soal baju, gadget atau menu buat makan siang, transaksi buat membeli asuransi pun bisa dilakukan hanya dengan usapan di ponsel. Selanjutnya, unduh saja aplikasinya, manfaat asuransi juga bisa diproses mobile, dengan beberapa bonus istimewa yang didedikasikan buat memikat warga urban agar memaksimalkan gadgetnya dalam mengakses layanan asuransi.

Merintis jejak di ranah digital sejak 2015 dengan mengembangkan Garda Mobile, berupa aplikasi Otocare 1.0, kini platform digital asuransi kendaraan Astra itu telah merilis generasi terbarunya.

Cuma butuh waktu kurang dari semenit buat mengunduhnya. Hanya dengan memasukkan nama, email serta jenis kendaraan, berbagai fitur khusus pelanggan seperti prioritas antrian saat proses survei di Garda Center maupun kantor cabang, kemudahan memantau status perbaikan serta meminta bantuan dalam kondisi darurat, pun didapat.

Sementara, Reminder, Vehicle, Rate Calculator, Near Me, Friends, Meet Up, Event, Call Garda Akses, Knowledge juga bisa dimanfaatkan pengunduh yang bukan pelanggan.

"Selain itu, untuk saluran penjualan melalui digital, kami memiliki Garda Oto Digital, yang diluncurkan pada 10 Oktober lalu," kata Lusi Liesdiani SVP Digital Channel kepada Media Indonesia, Kamis (9/11).

Nyatanya, kesiapan masyarakat beralih ke ranah digital masih berproses. Garda Oto Digital belum diproyeksikan menyumbang premi besar dalam waktu dekat.

"Kehadirannya lebih ditujukan memfasilitasi kebutuhan masyarakat di era digital, sehingga pada saatnya nanti, ketika semua sudah harus digital, kami sudah memiliki infrastruktur dan sistem yang baik," kata Lusi.

Kerja Garda Oto Digital, kata Lusi, akan membuat pembelian polis yang semula harus melalui agen, datang ke kantor cabang, Garda Center, diler, atau perusahaan pembiayaan, kini punya saluran baru, pembelian melalui internet.
"Proses pembeliannya bisa dilakukan kapan dan di mana saja selama terhubung dengan saluran internet. Juga makin gampang memilih lokasi klaim, bisa di rumah atau kantor, antar jemput kendaraan saat perbaikan kendaraan di bengkel serta aneka tawaran yang hanya berlaku bagi program pemasaran via digital."

Lusi memaparkan, bisnis asuransi kendaraan bermotor menjadi penyumbang terbesar dari keseluruhan portofolio Asuransi Astra, sebesar 55%.

"Ini menjadi latar belakang asuransi kendaraan mendapat prioritas kami dalam penetrasi digital. Namun ke depannya, kami berharap semua lini bisnis bisa terintegrasi secara digital," kata Lusi.

Tentunya, selain kecepatan saat membeli, layanan digital juga harus diimbangi proses klaim yang mudah dan tidak berbelit-belit.
Buat membeli asuransi mobil di Garda Oto Digital, kata Lusi, cukup meng-klik tombol Daftar, Bayar, lalu Survei.

"Saat ini pasar merespons positif, keingintahuan masyarakat terhadap inovasi ini terbilang cukup tinggi, ditandai besarnya traffic ke situs gardaoto.com," kata Lusi yang bersama timnya menjadikan 2016 sebagai The Year of Going Mobile dan pada 2017 memiliki total enam aplikasi, yaitu Otosales dan Otosurvey bagi kepentingan internal serta empat aplikasi untuk eksternal.

Selain Otocare 2.0, juga ada Medcare 1.0 untuk menunjang gaya hidup sehat asuransi kesehatan Garda Medika, HRakses untuk tim SDM perusahaan peserta Garda Medika serta CRakses untuk staf perusahaan pelanggan asuransi komersial. (*/Zat/M-2/OL-6)

Komentar