Eksplorasi

Jamur Mengandung Antioksidan Tinggi Berpotensi Antiaging

Sabtu, 18 November 2017 04:31 WIB Penulis: Sciencedaily/dys/L-3

USA TODAY

HASIL penelitian tim riset Penn State Center for Plant and Mushroom Products for Health baru-baru ini menunjukkan kandungan jumlah antioksidan yang sangat tinggi pada jamur.

Dengan demikian, mereka menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi jamur demi membantu melawan penuaan dan meningkatkan kesehatan. Dua antioksidan yang sangat tinggi yang terkandung dalam jamur ialah ergothioneine dan glutathione.

Menurut peneliti Robert Beelman dari Penn State, kedua antioksidan itu sangat penting dan jumlah kedua senyawa tersebut sangat bervariasi di antara spesies jamur. Jumlah ergothioneine dan glutathione tertinggi, di antara 13 spesies yang diuji, terdapat pada spesies porcini (varietas liar).

Jenis jamur yang lebih umum, seperti tombol putih, memiliki lebih sedikit antioksidan, tapi cukup banyak dikonsumsi orang, kata Beelman. Jumlah ergothioneine dan glutathione juga terlihat berkorelasi pada jamur. Jamur yang tinggi glutathione juga tinggi ergothioneine, misalnya.

Beelman mengatakan penelitian di masa depan dapat melihat peran ergothioneine dan glutathione dalam mengurangi kemungkinan penyakit neurodegeneratif, seperti parkinson dan alzheimer.

Komentar