Nusantara

Kader Gerindra itu Tidur di Kandang Sapi

Rabu, 15 November 2017 08:50 WIB Penulis:

Ist

SELAMA 10 hari, Jro Gede Komang Swastika kabur setelah rumahnya digerebek polisi, Jumat (3/11). Ke mana kader Partai Gerindra itu bersembunyi?

“Ia ditangkap di kandang sapi. Selama ini, ia tidur di kandang sapi,” kata Kapolda Bali Inspektur Jenderal Petrus Reinhard Golose, di Denpasar, kemarin.

Jro Gede alias Mang Jangol diduga merupakan bandar besar narkoba. Ia buron setelah polisi menemukan sabu dan sejumlah pemadat yang sedang teler di rumahnya.

Jro Gede merupakan politikus kawakan. Jabatan terak­hirnya Wakil Ketua DPRD Bali. Di Partai Gerindra, Mang Jangol pernah menjadi Ketua DPC Partai Gerindra Kota Denpasar selama 9 tahun sebelum terakhir dipercaya mengisi jabatan Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan Kaderisasi DPD Gerindra Bali.

Untuk menyembunyikan diri, Mang Jangol tidak menyewa hotel mewah. Ia memilih sembunyi di kandang sapi, di Payangan, Kabupaten Gianyar. Senin (13/11) malam, ia ditangkap.

Menurut Kapolda, saat ditangkap, sang bandar tidak melakukan perlawanan. “Kalau dia melawan, saya sudah perintahkan anggota untuk bertindak tegas, ditembak kalau perlu.”

Petrus menduga ada keterlibatan beberapa orang yang membantu pelarian dan persembunyian Jro Gede. Saat ini, penyidik sedang melakukan pengembangan dan pemeriksaan.

Proses interogasi dan pengembangan kasus, lanjut dia, akan dilakukan selama enam hari. Kondisi Jro Gede sangat sehat dan sangat memungkinkan dimintai keterangan. Meski Mang Jangol masih menjabat Wakil Ketua DPRD Bali, Kapolda mengaku tidak ada perlakuan istimewa. “Ia ditahan di Kantor Brimob Polda Bali. Baik ditahan di Polresta Denpasar, Polda Bali, maupun Kantor Brimob, dia bukan tahanan istimewa.”

Selain menuntaskan pemeriksaan, polisi masih memburu kakak kandung Jro Gede yang juga sudah ditetapkan sebagai tersangka. Kemarin, pimpinan DPRD Bali juga mulai memproses penggantian Jro Gede sebagai wakil ketua dewan.

“Kami sudah menerima surat dari DPD Partai Gerindra Bali soal usulan pergantian waktu Mang Jangol sebagai anggota dewan dan alat kelengkapan dewan. Hari ini akan diproses menuju rapat paripurna,” kata Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama. PAW Mang Jangol akan diproses lebih dahulu, setelah itu penggantian jabatan Wakil Ketua DPRD. “Proses PAW bisa dua minggu,” jelas Adi Wiryatama. (OL/AT/N-2)

Komentar