Ekonomi

BTN Bangun Rumah Rakyat di Jember

Rabu, 15 November 2017 06:01 WIB Penulis: (Try/E-2)

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk akan menggelar akad KPR secara se­rentak untuk 2.002 rumah di Jember. Jumlah itu naik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebanyak 1.001 unit. Sebanyak 2.002 rumah tersebut diperuntukkan pekerja formal dan pekerja nonformal. Selain rumah tersebut, tahun depan BTN juga akan membenahi kawasan 700 hunian bagi Kampung Nelayan Puger dengan melibatkan Pemkab Jember, serta menambah 1.000-2.000 rumah di kampung nelayan. Dengan demikian, total rumah yang akan dibangun BTN di Jember sebanyak 5.700 unit.

Dirut Bank BTN Maryono mengatakan secara bisnis wilayah tersebut masih memiliki potensi. Pengembangan kawasan itu, kata dia, juga akan mendukung ekonomi kerakyatan. “Jumlah akad serentak pada tahun lalu kami lipat gandakan pada tahun ini menjadi 2.002 rumah. Tujuannya, kami ingin agar wilayah Jember dapat berkembang sesuai dengan potensi yang ada sehingga dapat berdampak pada perbaikan ekonomi masyarakat,” ujar Maryono seusai penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Bank BTN dan Pemkab Jember di Jakarta, kemarin.

Menurut Maryono, untuk mencapai target komitmen sebagai integrator utama program Satu Juta Rumah, perseroan memang terus menggelar kemitraan, baik dalam rangka meningkatkan realisasi ketersediaan rumah maupun permintaan akan hunian. Hingga Oktober 2017, lanjut Maryono, perseroan telah merealisasikan penyaluran kredit untuk 501.626 rumah sebesar Rp55,7 triliun. Jumlah itu 75,32% dari target penya-luran kredit untuk program Satu Juta Rumah.

Bupati Jember Faida mengatakan kaum nelayan di Jember merupakan pasar yang belum tersentuh bantuan kredit hunian sehingga perlu diba-ngun rumah layak setidaknya 2.000 unit untuk kebutuhan minimal. “Istri-istri nelayan juga akan dibina untuk dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. Lahan-lahan yang belum termanfaatkan yang sesuai dengan rencana tata kota akan kami peruntukan maksimal untuk masyarakat.” (Try/E-2)

Komentar